Jevin Julian Berharap Pelaku EDM Indonesia Kuasai Pasar Internasional

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Selasa 15 Juni 2021 03:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 14 205 2425153 jevin-julian-berharap-pelaku-edm-indonesia-kuasai-pasar-internasional-NxflmhzUwR.jpg Jevin Julian (Foto: EMPC 2021)

JAKARTA - Jevin Julian dikenal sebagai salah satu musisi yang konsen di jalur EDM. Suami dari Rinni Wulandari itu merupakan salah satu DJ terbaik di Indonesia.

Karena kiprahnya di musik EDM, Jevin Julian didapuk menjadi juri Electronic Music Producer Contest 2021. Selai Jevin ada pula Winky Wiryawan, hingga Christian Rijanto.

Baca Juga:

Keseruan Keluarga Rinni Wulandari Memperingati Hari Keluarga Internasional

Heboh Kekeyi Mereda, Rinni Wulandari Pamer "Kamulah Satu-Satunya"

Juri EMPC 2021

Menurut Jevin, pelaku musik EDM di Indonesia memiliki kualitas yang tak bisa diremehkan. Maka dari itu, Jevin berharap pelaku EDM bisa menguasai pasar internasional.

"EMPC bukan sekadar kompetisi bagi para produser musik elektronik, tapi juga sebagai wadah belajar bersama. Para judges dan peserta bisa memperoleh berbagai experience baru sekaligus menjadi sarana belajar bersama-sama tentang musik elektronik. Harapannya local musician kita bukan hanya menguasai local electronic music scene, tapi juga international,” terang Jevin.

Pagelaran EMPC 2021 ditujukan untuk memberikan berbagai edukasi, inspirasi, serta motivasi agar para produser musik elektronik lokal bisa menghasilkan karya yang mampu menjadi sebuah legacy.

“Kami ingin mengedukasi para talenta muda Indonesia dalam menghasilkan karya musik yang berkualitas dunia sehingga dapat memperkuat ekosistem musik elektronik di Indonesia. Dengan harapan nantinya para musisi dan produser musik elektronik kita bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan mampu berkiprah di level internasional,” terang Diopsaputra, perwakilan Iceperience.ID selaku penyelenggara.

Sebelumnya, pemenang EMPC telah bergabung dengan label musik ternama dunia seperti 88rising dan Barong Family. Kini, pemenang EMPC bakal direkrut oleh label SPINNIN’ Records.

“Dengan kolaborasi bersama SPINNIN’ Records yang merupakan record label nomor satu di industri musik elektronik dunia, tentu saja harapan terbesarnya agar musisi lokal terbaik kita bisa go international. Menjadi inspirasi bagi produser musik lokal lainnya agar berani menciptakan legacy mereka sendiri,” terangnya.

Pada gelaran tahun ini, EMPC optimis submission track mampu mencapai target sebanyak 1.000 track, atau dua kali lipat submission track di EMPC tahun lalu. EMPC 2021 akan dimulai pada awal Juni mendatang, diawali dengan tahapan registrasi bagi para musisi dan produser musik lokal mulai tanggal 14 Juni – 16 Juli 2021. Peserta juga wajib untuk mengunggah hasil karya orisinil miliknya di platform Soundcloud dan mengirimkan tautannya saat registrasi. Kemudian tahap penjurian pada bulan Juli 2021, para judges EMPC akan menyeleksi dan mengkurasi 20 finalis terpilih hingga 3 besar dan juara favorit.

Para judges EMPC siap mencari produser muda berbakat dan kreatif dengan karya musik yang berkualitas. Dari sisi musik, track yang di submit harus original, fresh, and song potential. Original yang dimaksud adalah ­track tersebut bukan remake atau remix dari karya musik yang sudah ada. Kemudian kreativitas, harus sesuatu yang fresh dan terkini. Dari sisi teknikal juga harus mumpuni. Sedangkan song potential, bukan hanya beat yang enak tapi juga ‘nendang’ di sepanjang lagu. Lalu dari sisi aransemen, juga harus punya multiple parts dalam sebuah lagu serta berkualitas dari segi rekaman, mixing, maupun mastering.

Selain proses seleksi dan kurasi, 20 finalis EMPC 2021 juga bakal mendapatkan banyak mentoring di fase Producer Camp Online dan proses kreatif di fase Revamp Track. Peserta akan dibekali pengetahuan dan kemampuan teknis oleh para mentor yang kompeten dan kredibel di industri musik. Mereka juga akan berproses secara kreatif dengan mentor terkait karya musik yang mereka buat dan melakukan revamp terhadap karya yang dihasilkan. Puncaknya, the 1st winner EMPC 2021 akan memperoleh kesempatan untuk berkolaborasi dengan musisi lokal Indonesia dibawah naungan record label SPINNIN’ Records.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini