Bela Palestina, Hanung Bramantyo: UUD 1945 Menyatakan Kemerdekaan Adalah Hak Segala Bangsa

Lintang Tribuana, Jurnalis · Minggu 23 Mei 2021 03:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 22 33 2414093 bela-palestina-hanung-bramantyo-uud-1945-menyatakan-kemerdekaan-adalah-hak-segala-bangsa-UlAKru53ZS.jpg Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo di Kedubes Palestina (Foto: IG Hanung Bramantyo)

JAKARTA - Hanung Bramantyo dan Zaskia Mecca menyempatkan mendatangi Kedutaan Besar Palestina di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Mereka datang dengan maksud memberikan dukungan dan menolak kekerasan yang dilakukan Israel kepada warga Palestina.

Kepedulian Hanung dan Zaskia atas kelangsungan hidup rakyat Palestina ini ternyata juga ditularkan kepada anak-anak mereka. Pasangan tersebut mengajarkan arti mensyukuri kehidupan tentram yang dimiliki saat ini.

Baca Juga:

Cara Hanung Bramantyo & Zaskia Mecca Ajari Anak soal Konflik Palestina

Bela Zaskia Adya Mecca, Hanung Bramantyo Ungkap Adab Bangunkan Sahur di Zaman Nabi

Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo

"Kita mau membuka mata anak anak saya bahwa di belahan dunia lain ada anak anak-anak yang hidupnya seperti itu. Hidupnya tidak selalu nyaman. Mereka ada di tengah tengah perang," kata Zaskia, usai melangsungkan pertemuan dengan Dubes Palestina, Zubair Al Shun.

Sementara Hanung berusaha mengajarkan anak-anaknya memahami tentang konflik dua negara itu. Ia menekankan bahwa setiap negara berhak mendapatkan kemerdekaan, termasuk Palestina.

"Saya ajarkan kepada anak-anak saya, saya ingatkan. Kamu orang indonesia punya Undang Undang Dasar 1945 yang menyatakan bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa," kata Hanung.

Sutradara Bumi Manusia itu berusaha menjelaskan dengan cara yang sederhana agar anak-anaknya mengerti. Ia mengajarkan mereka dengan menganalogikan penyerangan Israel ke Palestina dengan perampasan rumah secara paksa.

"Tiba-tiba rumah kamu didatangi orang, cuma numpang sebentar, tapi akhirnya merampas pengin menguasai rumah kamu, apa yang harus kamu lakukan? Apalagi perampasan itu menggunakan kekerasan," ujar Hanung menirukan ucapannya kepada anak-anak.

Seperti diketahui, konflik Israel dan Palestina ini menjadi yang terparah sejak 2017. Bentrok diawali pada 7 Mei lalu, ketika umat Islam Palestina memadati kompleks Masjid Al Aqsa.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini