Share

Cerita Rano Karno Punya Masalah Jantung hingga Pasang 3 Ring

Pernita Hestin Untari, Okezone · Selasa 02 Maret 2021 18:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 02 33 2370926 cerita-rano-karno-punya-masalah-jantung-hingga-pasang-3-ring-nPH8dEFyLt.jpg Rano Karno (Foto: Okezone)

JAKARTA - Aktor Rano Karno mengungkapkan kondisi kesehatannya. Dia mengaku sempat memasang 3 ring di jantungnya lantaran ada masalah di organ tubuhnya tersebut.

Pemain film Si Doel The Movie itu mengaku sudah lama khawatir dengan kesehatan jantungnya. Pasalnya dia memiliki keturunan penyakit jantung di keluarganya. Namun, tahun lalu kondisi jantung sang aktor dikatakan belum terlalu mengkhawatirkan.

"Sebetulnya saya memang satu tahun yang lalu CT Scan ke dokter jantung karena bahasanya saya ada keturunan jantung. Dokter bilang ada penyempitan tapi bahasanya belum terlalu bahaya, ada tiga penyempitan yang satu 58 persen dan dua baru 30 persen," cerita Rano Karno seperti dikutip dari Starpro Indonesia, Selasa (2/3/2021).

Baca Juga:

Rano Karno Ajak Warga Tangsel Menangkan Muhamad-Saras

Dapat Vaksin, Rano Karno Ungkap Sempat Khawatirkan Jantungnya

Senyum Rano Karno Kembali Perankan Sosok Doel

Kemudian, dia merasakan hal yang tak biasa pada tubuhnya sekitar awal tahun ini. Dirinya mengaku kerap tiba-tiba merasa kedinginan. Hal tersebut jugalah yang membuatnya kembali konsultasi ke dokter jantung.

"Setahun sambil lalu aja, terus dua minggu sebelumnya akhirnya pasang ring, saya sering dingin. Terus saya tanya sama dokter dan dia tanya 'ada tekanan enggak kalau ada itu bisa jadi serangan jantung.' Saya bilang cuma merasa dingin, dia bilang hasilnya baik, tapi akhirnya kateter," ungkap Rano Karno.

Pria 60 tahun itu melanjutkan, ketika menjalani pengecekan kateter ternyata penyempitan sudah mencapai 85 persen. "Dokternya bilang 'wah saya ditipu CT Scan', akhirnya disarankan untuk pasang ring. Dalam waktu sekitar 1 jam 20 menit langsung pasang ring 3," imbuhnya.

Awalnya Rano Karno pun merasa was-was lantaran ada benda asing di dalam tubuhnya. Bahkan dia mengaku kerap merasakan nafasnya menjadi pendek.

Kendati demikian, dokter mengungkapkan bahwa tak ada pengaruh ring dengan nafasnya. Sang dokter justru berujar bahwa kondisi jantung sang aktor jauh lebih muda usai dipasang ring.

"Mungkin karena situasi pandemi dan habis itu pasang ring jadi was-was. Tapi Alhamdulillah semua berjalan lancar," tuturnya.

Rano Karno bahkan sudah bisa melakukan aktivitasnya seperti biasa. Meski harus meminum banyak obat, dia tidak pernah meninggalkan olahraga dari mulai jalan-jalan di sekitar rumah hingga berenang.

"Inti dari semua ini kita pasti akan pulang, namun yang pasti Istiqomah. Happy aja, enggak usah dipikirkan yang lain. Harapan paling mahal pokoknya sehat karena sehat itu jadi kunci buat kita," tandasnya.

 

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini