Krontjong Toegoe, Band Keroncong Jakarta yang Eksis Sejak 32 Tahun Silam

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Sabtu 13 Februari 2021 05:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 12 205 2361212 krontjong-toegoe-band-keroncong-jakarta-yang-eksis-sejak-32-tahun-silam-S0QBx3JZiW.jpeg Krontjong Toegoe (Foto: Dok Krontjong Toegoe)

JAKARTA - Musik keroncong masih eksis di Indonesia meski sepi peminat. Di Jakarta, Krontjong Toegoe adalah sekian banyak band keroncong yang masih eksis di masa kini.

Tak disangka, Krontjong Toegoe hadir sejak 32 tahun lalu. Band ini diinisiasi oleh Arend J Michiels. Ia mengumpulkan anak-anak muda dan mengukuhkan group Krontjong Toegoe pada 12 Juli 1988.

Baca Juga:

Cara Sundari Soekotjo Perkenalkan Musik Keroncong kepada Milenial

Ungkap Rasa Kagum, Erwin Gutawa Puji Sosok Legenda Keroncong

Krontjong Toegoe

Sesuai namanya, Krontjong Toegoe berasal nama kampung Tugu, Jakarta. Dengan sentuhan ejaan lama untuk mengingatkan dan menyambung benang merah masa lampau.

Selama 32 tahun berkarier, Krontjong Toegoe telah mengisi acara di Istana Negara dan Istana Bogor, bahkan hingga mancanegara seperti di Singapura, Malaysia, Jepang, Belanda dan Portugal.

Menandakan eksistensinya di belantika musik, Krontjong Toegoe menghadirkan Sekeping Hati pada Hari Kasih Sayang tahun ini, 14 Februari 2021. Kehadiran single ini sebagai misi untuk memperkenalkan musik keroncong di generasi milenial.

“Kelompok ini punya komitmen tinggi untuk terus menjaga musik keroncong melewati perjalanan waktu. Salah satu cara yang ditempuh adalah merekrut pemain dari generasi yang lebih muda, dengan cita-cita yang sederhana saja: musik keroncong tetap tegak berdiri, di Kampung Tugu dan di seluruh Indonesia,” jelas rilis yang diterima Okezone.

Krontjong Toegoe telah merilis lima album dan tiga single serta sebuah album live yang dirilis untuk kalangan sendiri. Salah satu single mereka, "Tanah Tugu", pada tahun 2019 memenangkan AMI Awards sebagai karya produksi keroncong terbaik.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini