Periskop 2021: Industri Film Tanah Air Belum Akan Pulih dari Imbas Pandemi COVID-19

Lintang Tribuana, Jurnalis · Jum'at 08 Januari 2021 21:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 08 206 2341309 periskop-2021-industri-film-tanah-air-belum-akan-pulih-dari-imbas-pandemi-covid-19-ipDX3k2mmJ.jpg Ilustrasi Film Indonesia (Foto: Ist.)

JAKARTA - Begitu banyak kepahitan yang dialami di tahun 2020 karena pandemi COVID-19. Salah satu sektor yang terdampak adalah industri perfilman Tanah Air, yang seluruh kegiatannya terbatasi, mulai dari penundaan syuting hingga penutupan bioskop.

Baca Juga:

- Periskop 2021: 5 Film Hollywood Paling Dinantikan Tahun Ini Part 1

- Periskop 2021: 5 Film Hollywood Paling Dinantikan Tahun Ini Part 2

Seiring berjalannya waktu dan aturan New Normal dari pemerintah, industri perfilman perlahan mulai berjalan. Sejumlah rumah produksi berusaha kembali berkarya setelah terkena kerugian akibat penundaan proyek.

Namun, harapan industri perfilman untuk pulih total di tahun 2021 ini tampaknya masih sulit terwujud. Setidaknya, itulah yang diungkapkan Produser Manoj Punjabi.

"Kalau saya lihat sih sementara dunia perfilman pasti akan drop. Mungkin 3 sampai 6 bulan ke depan masih akan susah," ujar Manoj, saat dihubungi Okezone, Kamis (7/1/2021).

Menurutnya, geliat industri film belum akan kembali seperti sedia kala di tahun baru ini. Hal ini dikuatkan dengan fakta bahwa pembukaan bioskop di sejumlah daerah tak berhasil mendongkrak minat penonton film.

"Ini masalah orang mau nyaman ke bioskop apa enggak. Itu aja sih. Lebih ke sana sederhananya," ujar produser film Ayat-Ayat Cinta itu.

Kendati sejumlah rumah produksi mulai memafaatkan dunia digital untuk sarana mengeluarkan karya, Manoj menilai usaha tersebut akan sulit berhasil jika masyarakat atau penikmat film belum bisa menyesuaikan diri dalam situasi di tengah pandemi ini.

"Masa depan film bukan hancur, hanya beda aja. Orang bisa adaptasi, baru bisa maju. Yang enggak bisa adaptasi, ini bahaya," kata Manoj.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini