Kontroversi Manipulasi Ajang Produce, Mnet Minta Maaf pada Para Trainee

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 18 November 2020 19:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 18 598 2311912 kontroversi-manipulasi-ajang-produce-mnet-minta-maaf-pada-para-trainee-Lz7ucshEH2.jpg Trainee korban Produce (Foto: Mnet)

SEOUL - Hari ini, Rabu (18/11/2020), Pengadilan Distrik Seoul telah mengumumkan sederet nama trainee yang menjadi korban manipulasi hasil voting saat menjadi peserta ajang pencarian bakat Produce. Mnet terbukti melakukan kecurangan di 4 season Produce, yakni Produce 101 season 1 dan 2, Produce 48, dan Produce X 101.

Baca Juga:

Pengadilan Seoul Ungkap Nama Trainee Korban Manipulasi Ajang Produce 101

Dihujat Lantaran Kasus Dugaan Video Syur, Gisella Anastasia: Padahal Lagi On Fire

Merespons berita tersebut, kini pihak Mnet merilis pernyataan maaf resminya kepada para trainee yang menjadi korban. Mnet menyebut, mereka menerima dan menghormati keputusan dari pengadilan.

"Selama proses persidangan, nama-nama trainee yang menjadi korban melalui serial 'Produce' telah terungkap. Kami tak dapat mengungkapkan, betapa besar rasa menyesal kami terhadap para trainee dan keluarga mereka yang terluka atas insiden ini,” bunyi pernyataan resmi Mnet, mengutip Allkpop.

Produce 101

Dalam keterangan yang sama, Mnet juga berjanji akan memberikan kompensasi terhadap para trainee yang menjadi korban. Sejauh ini Mnet mengaku sudah mencapai kesepakatan negosiasi dengan beberapa pihak trainee.

“Kami akan melakukan yang terbaik untuk bertanggung jawab dan memastikan bahwa semua trainee yang namanya tercantum sebagai korban akan menerima kompensasi penuh,” lanjut Mnet.

Untuk diketahui, Pengadilan Distrik Seoul mengumumkan total 12 orang trainee yang menjadi korban manipulasi voting untuk 4 season acara Produce. Di season 1 ada ada Kim Soo Hyun dan Seo Hye Rim yang tereliminasi di putaran pertama.

Sementara dari season 2 yang melahirkan Wanna One, ada Sung Hyun Woo dan personel NU’EST, Kang Dong Ho atau Baekho yang masing-masing sengaja dieliminasi di babak pertama dan ke-4 penjurian.

Trainee korban Produce

Lanjut ke season ke-3, di Produce 48 yang menghasilkan grup IZ*ONE, Lee Kaeun yang gugur di babak ke-4 sebenarnya meraih peringkat nomor 5. Sementara Han Cho Won yang juga tereliminasi di babak itu, sebenarnya meraih posisi 6.

Terakhir di season ke-4 yang mendebutkan XI, tercatat ada 6 orang trainee yang menjadi korban manipulasi. Anzardi Timothee (gugur di babak pertama), Kim Kook Heon dan Lee Jin Woo (terleliminasi di putaran ke-3), Goo Jung Mo yang sebetulnya meraih peringkat ke-6 namun dipulangkan di voting putaran ke-4, Lee Jin Hyuk yang aslinya ada di peringkat ke-7, dan terakhir Geum Dong Hyun yang faktanya menyabet posisi ke-8.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini