Sean Connery: Tinggalkan Manchester United demi Dunia Akting

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Minggu 01 November 2020 00:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 31 33 2302152 sean-connery-tinggalkan-manchester-united-demi-dunia-akting-BRcJPWHCew.jpg Sean Connery. (Foto: The Times)

BAHAMA - Kabar duka itu datang dari Bahama, sebuah negara kepulauan di kawasan Karibia. Di sana, aktor veteran Sean Connery menikmati hari-hari terakhirnya hingga tutup usia, pada 31 Oktober 2020. 

Thomas Sean Connery lahir di Fountainbridge, Edinburgh, Skotlandia, pada 25 Agustus 1930. Dia lahir ayah berdarah Irlandia yang merupakan penganut Katolik dan ibunya yang beragama Kristen Protestan. 

Sean Connery. (Foto: Britannica)

Sean remaja tumbuh di keluarga sederhana, di mana kedua orangtuanya hanya mampu menyewa sebuah rumah kecil dengan toilet gabung dan tanpa pemanas air. Di usia 13 tahun, dia berhenti sekolah dan mulai bekerja menjadi pengantar susu. 

Dari sinilah, Sean Connery kemudian melakoni berbagai pekerjaan, mulai dari pemoles peti mati hingga membuat batu bata. Tak lama, dia kemudian memutuskan untuk bergabung dengan Angkatan Laut Skotlandia. 

Sekitar 3 tahun setelah menjadi tentara, dia memutuskan keluar karena mengidap maag. Namun kecintaannya pada Skotlandia tak pudar hanya karena ‘pensiun’ dari dunia militer. 

Baca juga: Sean Connery Berpulang, Keluarga: Dia Meninggal dalam Tidurnya


Setelah kembali menjadi warga sipil, Sean Connery kembali menjalani kehidupan keras yang memaksanya kembali melakoni berbagai pekerjaan. Kali ini, dia menjadi sopir, penjaga pantai, hingga model untuk mahasiswa seni di Edinburgh College. 

Sean Connery. (Foto: The Guardian)

Seniman Richard Demarco yang kuliah di Edinburgh College bahkan kerap menjadikan Connery sebagai modelnya. Dia menggambarkan, aktor James Bond tersebut sebagai pria dengan fisik yang indah.

Tawaran Jadi Pesepakbola 

Tak hanya itu, Sean Connery juga cakap bermain sepakbola. Kemampuannya mengolah si kulit bundar bahkan menarik perhatian Matt Busby, pesepakbola Skotlandia yang merupakan manajer Manchester United sepanjang 1945 hingga 1969. 

Busby meminangnya untuk bergabung bersama Manchester United dengan bayaran GBP25 (Rp473.780) per minggu. Namun tawaran itu ditepisnya. Dia menilai, karier sepakbola terlalu singkat dan memilih menjajaki dunia akting dengan bergabung bersama teater lokal.

 Sean Connery. (Foto: United Artists)

“Meninggalkan sepakbola dan masuk ke dunia akting adalah keputusan paling cerdas yang pernah aku ambil,” katanya seperti dikutip dari The Guardian, pada Sabtu (31/10/2020). 

Di sanalah, Connery bertemu aktor Amerika Serikat Robert Henderson yang mendukungnya untuk masuk lebih serius ke dunia akting. Pada 1954, dia tampil sebagai figuran dalam film Lilacs yang kemudian membuka pintu kesuksesannya di Hollywood.*

Baca juga: Alasan Shah Rukh Khan Minta Istri Bercadar dan Ganti Nama

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini