Kuasa Hukum Sebut Lucinta Luna Konsumsi Psikotropika Sesuai Dosis

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Kamis 10 September 2020 14:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 10 33 2275610 kuasa-hukum-sebut-lucinta-luna-konsumsi-psikotropika-sesuai-dosis-oD3tRrAEgG.jpg Lucinta Luna. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Tim kuasa hukum Lucinta Luna menyebut tidak ada yang salah dengan tindakan kliennya mengkonsumsi psikotropika jenis Riklona. Pasalnya, saksi ahli dari dunia kesehatan mengatakan bahwa Riklona bukan obat yang dilarang.

“Pendapat saksi ahli Dr. Danardi Sosrosumi dalam persidangan telah menyatakan Riklona bukan obat ilegal,” bunyi salah satu poin dalam nota pembelaan atau pledoi Lucinta Luna yang dibacakan saat sidang, 9 September 2020.

Dijelaskan pula oleh ahli bahwa batas konsumsi Riklona adalah lima butir dalam satu hari. Sementara Lucinta sebelum ditangkap biasa mengkonsumsi Riklona tiga kali dalam satu minggu.

“Sehingga masih dalam batas aman dan tidak berbahaya,” ujar keterangan lain dalam pledoi Lucinta Luna. 

Lucinta Luna. (Foto: Okezone.com)

Oleh karenanya, tim kuasa hukum Lucinta melihat tidak ada alasan bagi Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk mempidanakan klien mereka. 

Lucinta Luna dituntut 3 tahun penjara oleh JPU atas penyalahgunaan psikotropika. Dia dikenakan Pasal 127 UU Narkotika dan Pasal 60 ayat (3) UU RI No. 5 tahun 1997 tentang Psikotropika.

Baca juga:

Berhenti Pakai Ekstasi, Lucinta Luna: Izinkan Saya Berkarya Lagi

Bacakan Pleidoi, Lucinta Luna Minta Keadilan

Lucinta Luna tersandung kasus narkoba usai diamankan di salah satu apartemen di kawasan Tanah Abang, Jakarta pada Februari 2020. Dari penangkapan Lucinta, polisi mengamankan barang bukti berupa psikotropika jenis Tramadol dan Riklona.

Polisi juga menemukan dua butir pil ekstasi dari lokasi penangkapan Lucinta Luna. Namun Lucinta mengatakan bahwa narkoba tersebut bukan miliknya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini