Syuting Kembali Bergulir, Ernest Prakasa Imbau Pekerja Film Tetap Waspada

Vina Destya, Jurnalis · Kamis 13 Agustus 2020 23:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 13 33 2261921 syuting-kembali-bergulir-ernest-prakasa-imbau-pekerja-film-tetap-waspada-jgNeIVERS4.jpg Ernest Prakasa. (Foto: Instagram/@ernestprakasa)

JAKARTA - Industri perfilman kembali bergeliat. Kini proses syuting kembali digelar setelah sempat dihentikan akibat pandemi COVID-19. Namun kondisi itu, diakui sutradara film Ernest Prakasa membuatnya khawatir. 

Dia khawatir jika lokasi syuting bisa menjadi klaster baru penyebaran COVID-19. “Kalau kita tidak waspada, keadaan bisa berbalik,” ujarnya lewat Instagram, pada Kamis malam (13/8/2020). 

Ernest mengungkapkan kerap menerima cerita, bahkan menyaksikan langsung lemahnya penerapan protokol kesehatan di lokasi syuting. Hal paling dasar namun kerap diabaikan, menurut bapak dua anak ini adalah penggunaan masker. 

Ernest Prakasa.

“Saya paham, masker itu enggak nyaman. Boleh lah sesekali dilepas saat berada di luar ruang dengan tetap melakukan physical distancing,” ujar sutradara film Imperfect ini. 

Namun ketika sedang syuting di dalam ruang, dia menyarankan untuk tetap mengenakan masker. Apalagi, saat harus berdekatan dengan orang lain. “Harga ketidaknyamanan ini sepadan kok sama risiko yang sedang coba kita hindari.” 

Pada akhir unggahannya, ayah dua anak tersebut mengajak semua pekerja film untuk terus saling mengingatkan terkait protokol kesehatan COVID-19. Hal itu agar tidak ada penyesalan di kemudian hari. 

Baca juga: Anji Dipolisikan, Ini Harapan Ernest Prakasa

“Mending bikin kesal daripada nanti menyesal. Mending dibilang paranoid daripada positif COVID-19. Good luck and take care!” tuturnya mengakhiri unggahan tersebut. 

Unggahan yang telah disukai lebih dari 16.000 kali itu pun ramai dikomentari warganet. Akun Instagram @dyanhayu menilai, imbauan Ernest, merupakan sebuah bentuk pencegahan agar penyebaran COVID-19 bisa diredam. 

“Lebih baik mencegah, jangan takabur dan kepedean. Corona masih betah bercokol di bumi. Seram melihat banyak yang meninggal karena Corona,” ungkap warganet tersebut. 

Ernest Prakasa.

Kekhawatiran Ernest, juga dirasakan oleh pemilik akin @donnarosamayna. Sebagai penulis skenario, dia mengaku, lebih banyak menghabiskan waktunya bekerja dari rumah. 

“Sering kepikiran sama yang syuting. Apalagi sering melihat IG Story kru yang malah jejogetan ramai-ramai tanpa masker. Bikin deg-degan. Kalau ada aktor yang kena, pasti syuting langsung dihentikan. Semua kena imbasnya,” tuturnya.*

Baca juga: Cerita Reggy Lawalata Terima Pilihan Anak Berganti Gender  

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini