Konser Musik saat Masa Pandemi di Inggris, Begini Konsepnya

Elsa Virina Simanjuntak, Jurnalis · Kamis 13 Agustus 2020 16:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 13 205 2261698 konser-musik-saat-masa-pandemi-di-inggris-begini-konsepnya-qjkp4OxuPD.jpeg Konser musik di masa pandemi. (Foto: IG @virginmoneyunityarena)

LONDON - Pandemi Covid-19 membuat sejumlah kegiatan berkerumun harus ditiadakan. Salah satu yang terdampak adalah konser musik. Namun, setelah masuk ke New Normal, penyelenggara acara menemukan cara tetap menggelar konser musik di tengah masa pandemi.

Di Inggris, konser Virgin Money Unity Arena digelar di Gosforth Park Newcastle pada Selasa 11 Aguistus 2020. Arena konser dipenuhi dengan pembatas sehingga penonton tidak saling berkerumun.

Konser dengan 2.500 penonton ini menyediakan 500 “kandang” atau panggung kecil yang dibatasi dengan pagar untuk memisahkan para penonton. Tiap panggung kecil berbatasan sejauh dua meter dan diisi maksimal lima orang.

Penonton paling depan duduk di rumput. Panggung tempat penonton semakin tinggi bagi mereka yang mendapat tempat di di belakang.

Konser di masa pandemi.

“Semuanya akan memiliki tangga dan pengaman di sekitarnya, dan mereka akan memiliki kursi di atas bagi yang tidak ingin beridiri,” sebut promotor Steve Davis, seperti yang dikutip dari Sky News, Kamis (13/8/2020).

Baca juga:

Jadwal Baru Tur Justin Bieber di 2021

Pemerintah Dorong Asosiasi Promotor Musik di Tengah Pandemi

Tidak hanya itu, para penonton juga tetap diminta untuk menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan tidak berdekatan dengan orang di panggung lainnya.

Dalam konser ini, penyanyi Sam Fender menjadi pengisi acara, Dia pun mengaku rindu akan suasana konser seperti dulu.

“Aku akan rindu dengan mosh pits. Aku rasa sangat luar biasa bahwa kita memulai hal ini, dan kita akan menjadi pelopor sesuatu yang mudah-mudahan akan berlanjut di sisa pandemi ini. Ini tidak akan sama seperti konser yang biasanya anda datangi, tetapi kita harus melakukan hal ini,” sebut Sam dalam wawancaranya dengan BBC.

Selain Sam Fender, ada beberapa bintang tamu yang mengisi konser tersebut seperti Van Morrison, Maximo Park dan comedian Jimmy Carr dan Bill Bailey.

Konser yang dipromotori oleh SSD ConcertsI ini menggunakan sistem online untuk pemesanan makanan dan minuman. Tidak hanya itu, jalur lalu lalang penonton dibuat satu arah untuk menghindari kerumunan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini