Pemerintah Dorong Asosiasi Promotor Musik di Tengah Pandemi

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 23 Juli 2020 15:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 23 205 2250983 pemerintah-dorong-asosiasi-promotor-musik-di-tengah-pandemi-sJHvwnB9Xg.jpg Ilustrasi konser musik (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendorong promotor musik lokal untuk membentuk Asosiasi Promotor Musik Indonesia (APMI). Asosiasi tersebut dibentuk sebagai wadah bertukar pikiran guna menyelesaikan berbagai isu yang muncul di bidang pertunjukan musik di tengah pandemi virus corona (Covid-19)..

Seperti diketahui, industri musik turut terkena dampak pandemi Covid-19, dimana musisi tak dapat menggelar konser secara fisik dan banyak acara tertunda lantaran pandemi.

Tak hanya itu, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event) Kemenparekraf, Rizki Handayani menambahkan keberadaan asosiasi dapat membantu memberi masukan pemerintah terkait pengembangan event musik di Indonesia.

Baca Juga:

Terima Uang Kembalian Rp20 Ribu, Aurel Hermansyah Bingung untuk Apa

Ceraikan Galih Ginanjar, Barbie Kumalasari Akui Butuh Pendamping Baru

Ilustrasi Konser Musik

“Perlu ada forum atau asosiasi event untuk membantu pemerintah dalam mengkurasi event-event terbaik di Tanah Air. Dan ini sejalan dengan tugas dan fungsi bidang Event Kemenparekraf, diantaranya mendukung event-event daerah, membesarkan event nasional, serta membawa event internasional ke dalam negeri. Karena, DNA Indonesia adalah kreatif,” kata Rizki dalam keterangan resmi yang diterima Okezone, Kamis (23/7/2020).

Sehingga kerja sama antara pemerintah dan industri ke depan dapat terjalin semakin intensif mengenai pengembangan event musik, yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kunjungan dan pergerakan wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara.

"Para promotor senior yang tergabung di FAPI bisa menjadi advisor atau pembina Asosiasi Promotor Musik Indonesia (APMI). Jadi para promotor senior dilibatkan langsung juga di APMI,” imbuh Rizki.

Terkait usulan pembentukan Asosiasi Promotor Musik Indonesia (APMI) tersebut, Pemilik Original Production Tommy Pratama mengungkapkan bahwa selama ini sudah ada Forum Asosiasi Promotor Indonesia (FAPI).

Baca Juga:

Gantikan Daniel Craig, Ini 5 Kandidat James Bond

Viral Video Catherine Wilson Diduga Teler saat Isi Acara Andre dan Sule

Ilustrasi Konser Musik

Menurut Tommy, FAPI akan berkesinambungan dengan APMI dan tetap eksis. Selain itu, lanjut dia FAPI memiliki cakupan lebih luas termasuk adanya lintas generasi, promotor-promotor senior dan lintas Bidang Industri Promotor lainnya di Indonesia.

"Forum Asosiasi Promotor Indonesia (FAPI) yang lebih dulu terbentuk, cakupannya lebih luas, diantaranya adanya lintas generasi, lintas promotor senior dan lintas Bidang Industri Promotor lainnya di Indonesia. Sehingga akan tetap eksis dan akan berkesinambungan dengan APMI," ujar Tommy.

Tommy menambahkan APMI dan FAPI diharapkan mampu untuk saling mendukung dan melengkapi guna kemajuan Kreatif Industri Promotor dan Pariwisata Nasional Indonesia.

"Biarkan APMI jalan dulu, nantinya FAPI tetap berjalan dan support penuh serta berkesinambungan walaupun para senior dengan berbagai bidang industri promotor termasuk diluar musik tetap ada di FAPI untuk mendukung berkembangnya musik , seni budaya serta industri kreatif dan pariwisata Indonesia mendunia," tegas Tommy.

Baca Juga:

Shah Rukh Khan Tutupi Rumahnya di Mumbai dengan Plastik, Netizen Heran

Ayu Ting Ting Ngamuk Dituding Rebut Atta Halilintar dari Aurel Hermansyah

Bongky Marcel personel BIP dan mantan pemain bas Slank turut menanggapi pembentukan APMI. Menurutnya memang seharusnya ada lembaga atau asosiasi yg menaungi para promotor di Indonesia.

"Sudah seharusnya ada lembaga atau asosiasi yg menaungi para promotor di Indonesia. FAPI itu bagus untuk ke depannya. Biar para promotor kita bisa lebih kreatif lagi," katanya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini