YouTube Hapus Video Anji dengan Hadi Pranoto soal Klaim Obat Covid-19

Lintang Tribuana, Jurnalis · Senin 03 Agustus 2020 08:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 03 33 2255895 video-diskusi-anji-dengan-hadi-pranoto-soal-klaim-obat-covid-19-dihapus-youtube-yFgFEFe517.jpg Anji. (Foto: Instagram @duniamanji)

JAKARTA - Musisi Anji kembali jadi sorotan usai mengunggah video diskusi dengan Hadi Pranoto, yang disebut sebagai pakar mikrobiologi penemu obat anti Covid-19. Namun, video itu menuai kritikan pedas netizen yang menilai narasumbernya tidak kredibel.

Video berjudul 'Bisa Kembali Normal? Obat Covid-19 Sudah Ditemukan!! (Part 1)' di saluran YouTube Anji tidak bisa diakses lagi sejak 2 Agustus 2020 malam. Video tersebut sudah dihapus oleh YouTube.

Hal ini pun diumumkan oleh sang pelantun Ternyata Cinta itu melalui Insta story-nya pada Senin (3/8/2020).

Anji dan Hadi Pranoto.

"Saya dikatakan memberi panggung pada orang yang tidak kredibel. Videonya di-share ke mana-mana oleh banyak orang. Ditonton banyak orang menjadi trending. Lalu di-banned oleh pihak YouTube," tulis Anji.

Baca juga:

Cuitan Anji soal Covid-19 'Dimentahkan' Reza Arap, Apa Isinya?

Mengeluh soal Sekolah Daring, Anji Tuai Kritik Netizen

Dalam video itu, Hadi Pranoto disebut sebagai profesor, pakar mikrobiologi sekaligus Kepala Tim Riset Formula Antibodi Covid-19. Dia mengklaim obat temuannya mampu menyembuhkan dan mencegah penyakit Corona.

Namun, video yang dirilis pada 31 Juli itu menuai kontroversi dari kalangan netizen hingga publik figur. Salah satunya penyanyi sekaligus dokter, Tompi.

Pelantun Menghujam Jantungku itu mengatakan bahwa seharusnya penemuan medis harus dipresentasikan dengan cara ilmiah. Dia juga meminta Anji untuk mengecek narasumber sebelum melakukan wawancara.

Anji. (Foto: IG @duniamanji)

"@duniamanji juga perlu ngecek latar belakang orang yang diwawacara, verifikasi dulu. Terus wawancara ilmiah tentu berbeda ya dengan wawancara acara hantu. Penanya gak pake kaget, tapi terus menggali karena itu “basic”nya juga harus bener dulu. Ntar kalau gak bahaya kawan," tulis Tompi di Twitter.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini