Jadi Korban, 4 Artis Indonesia Buka Suara Lawan Cyberbullying

Lintang Tribuana, Jurnalis · Senin 29 Juni 2020 17:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 29 33 2238330 jadi-korban-4-artis-indonesia-buka-suara-lawan-cyberbullying-pzpiSJATMx.jpg Prilly Latuconsina (Foto: Instagram/@prillylatuconsina96)

JAKARTA - Tindakan bullying atau perundungan bisa dialami siapa saja. Termasuk juga kalangan selebriti yang setiap tindakan dan penampilannya menjadi sorotan publik.

Akhirnya, banyak juga selebriti yang buka suara karena pernah merasakan sakitnya di-bully. Mereka pun berani melakukan perlawanan untuk mengakhiri tindak bully melalui media sosial.

Baca Juga:

- 5 Bintang Hollywood Ini Bertahan dari Cyberbullying

- Yan Vellia Ungkap Fakta Pernikahan dengan Didi Kempot Sebenarnya

Berikut Okezone rangkum 4 selebriti Tanah Air yang berani melawan bullying melalui media sosial.

1. Prilly Latuconsina

Aktris Prilly Latuconsina pernah membagikan potongan video di Instagram saat menjadi pembicara di Rise Conference Hong Kong pada Juli 2019. Dalam unggahan itu, dia menjelaskan bahwa dirinya kerap menerima ejekan karena bertubuh mungil.

Prilly Latuconsina

"Pendek dan kecil. Dua kata ini memiliki makna yang berbeda untuk aku. Saat itu aku mungkin tersenyum, tapi dalam hati aku marah, sedih, dan merasa insecure. Aku kehilangan kepercayaan diri," tulis Prilly dalam keterangan video.

Mantan kekasih Maxime Bouttier ini harus melewati proses panjang untuk bisa kembali percaya diri akibat perundungan yang dialaminya. Karena itulah, dia mengajak para pengikutnya untuk menghentikan tindak bullying.

“Hingga aku memutuskan untuk bangkit, membiarkan diriku sendiri menerima segala ketidaksempurnaanku, dan tidak membiarkan orang-orang memberi label padaku. Itulah mengapa, #stopbullying menjadi sebuah isu yang penting bagiku,” timpalnya.

Brisia Jodie

2. Brisia Jodie

Penyanyi Brisia Jodie pernah menerima komentar kasar dari netizen. Tak terima dengan kalimat kasar tersebut, Jodie memilih melawan tindakan sang netizen dengan mengumbar tulisan kasar itu di akun Instagramnya.

Bukan hal yang mudah bagi Jodie untuk mengumbar hal tersebut di media sosial. Ia membutuhkan keberanian yang ekstra. Hal itu ditempuhnya untuk memberikan efek jera kepada netizen agar tak lagi mengulangi perbuatannya.

"Jadi ngumpulin keberanian karena dampaknya seram banget kan, dia bisa ngelakuin hal yang tidak diinginkan dan lain-lain. Jadi aku enggak lagi begini, body shaming atau sebagainya, ya sudah aku upload aja,” kata Jodie pada Januari 2019.

3. Tamara Bleszynski

Aktris senior Tamara Bleszynski geram dengan fenomena warganet yang sering menebar kebencian. Melalui unggahannya di Instagram, ibunda Teuku Rassya ini menuliskan kalimat menohok untuk mereka para pelaku bully.

Tamara Bleszynski

“Begitu gampang terutama di saat-saat yang penuh tantangan, orang-orang membully, menyerang, menyerah. Mengupas semua keburukanmu, benar atau tidaknya. Itu urusan lain, yang penting segala keluh kesah terungkap lewat ucapannya dan itu membuat mereka lega," tulis Tamara dalam keterangan foto yang diunggah pada 16 Juni 2020.

Wanita kelahiran 25 Desember 1974 itu juga menyayangkan masih banyaknya orang yang mencari keuntungan lewat hujatan dan cacian sesama manusia. Ia mengatakan bahwa ini adalah gambaran yang terjadi sekarang.

4. Kesha Ratuliu

Kesha Ratuliu menjadi salah satu artis yang sering menjadi korban body shaming. Keponakan Mona Ratuliu ini kerap menerima komentar miring netizen soal bentuk fisiknya.

Kesha Ratuliu

Bentuk perlawanan Kesha terhadap aksi cyber bully yang diterimanya adalah dengan menunjukkan berbagai komentar pedas netizen di Direct Message (DM). Kesha geram karena tubuhnya disebut seperti perempuan yang sudah memiliki anak.

"Emang kenapa sih kalau badan gue kayak ibu anak 2? Dari kemarin sabar banget lihat DM. Tapi ini ada yang dendamnya tuh kayak membatu gitu ke aku, sampai berkali-kali DM-nya," tulis Kesha dalam Insta Stories-nya pada 16 Mei 2020.

1
3
BERITA FOTO
+ 4

Prilly Latuconsina Jadi Salah Satu Juri IMAA 2020

Aktris peran Prilly Latuconsina saat konferensi pers Indonesian Movie Actors Awards (IMAA) 2020 di Jakarta, Kamis 5 Maret 2020.

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini