5 Artis Hollywood Jadi Korban Rasisme, Salah Satunya Keturunan Indonesia

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 09 Juni 2020 18:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 09 33 2227096 5-artis-hollywood-jadi-korban-rasisme-salah-satunya-keturunan-indonesia-ZYTpNutrfV.jpg Gemma Chan (Foto: Instagram Gemma Chan)

JAKARTA - Isu sosial tentang perlakuan rasisme tengah melanda Hollywood. Hal ini terjadi imbas kematian George Floyd, warga kulit hitam yang dibunuh oleh Derek Chauvin, polisi kulit putih di Minneapolis, Minnesota, AS.

Tak pandang bulu, perlakuan rasisme juga diterima beberapa aktor dan aktris Hollywood dengan berbagai latar belakang berikut ini.

Baca Juga:

Hot Gosip: Ashanty Ajak Aurel dan Azriel ke Sukabumi hingga Raffi Ahmad Jawab Lamaran Kerja Dorce

Kesal Donald Trump Dikritik, Mantan Petarung UFC Tantang The Rock Duel


Seperti apa kisah pengalaman aktor dan aktris Hollywood yang pernah menjadi korban rasisme? Dilansir Harpersbazaar, Selasa (9/6/2020) berikut ulasan singkat kisah lima aktor dan aktris Hollywood yang pernah menjadi korban tindak rasisme.

1. Gemma Chan

 Gemma Chan

Bintang “Crazy Rich Asians”, pertama kali mengungkapkan pengalamannya menjadi korban rasisme dalam suatu wawancara pada 2019 lalu. Gemma menuturkan selama lebih dari satu dekade ia dianggap sebelah mata oleh para casting director film, yang mengklasifikasikan dirinya “terlalu Asia” dan “kurang Asia”.

2. Dev Patel

Dev Matel

Aktor muda peraih nominasi Oscar ini juga tak luput jadi korban tindak rasisme. Semasa hidupnya, Dev mengaku tak pernah mengalami perilaku rasisme. Ketika masuk ke dunia Hollywood lah ia pertama kali menjadi korban rasisme. Pada 2010 silam, Dev mengaku setelah kesuksesan berat film Slumdog semua tawaran peran yang datang kepadanya adalah peran stereotip, contohnya seperti orang India konyol yang menjadi sahabat karib sang pemeran utama. Menurut Dev, kebanyakan aktor keturunan Asia tidak diberikan peran yang menantang di dunia sinematografi Hollywood.

3. Jameela Jamil

Jameela Jamil

Jameela mengaku tindakan rasisme kerap ia alami di berbagai kesempatan. Tumbuh sebagai orang keturunan India-Pakistan di Inggris, Jameela kerap jadi korban perundungan di sekolahnya karena dianggap miskin dan dilihat sebagai orang ras Asia. Tindakan rasisme juga ia alami di dunia online, melakukan wawancara dengan Krishnan Guru-Murthy, Jameela mendapatkan komentar pesan online berbau rasisme dari netizen. Di media sosial, ia juga kerap diolok-olok memiliki wajah bak binatang monyet.

4. Idris Elba

 Idris Elba

Pada 2019 lalu bintang film Luther ini secara gamblang menyatakan kekecewaannya atas protes rasis yang ia alami ketika ada rumor beredar yang menyebutkan tentang dirinya yang berpotensi menggantikan Daniel Craig sebagai James Bond. Idris mengatakan dirinya begitu kecewa, begitu tahu bahwa publik menganggap dirinya tak mampu memerankan James Bond hanya karena ia berkulit hitam.

5. Jessica Mauboy

Jessica Mauboy

Aktris dan penyanyi keturunan Indonesia satu ini pernah membuka insiden tindak rasisme yang ia terima saat dirinya duduk di bangku SMA. Saat makan siang, ia diganggu oleh sekelompok pelajar pria kulit putih yang merebut kursinya dan menghina dirinya dengan kata kasar, memanggil dirinya sebagai pelacur kulit hitam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini