Share

3 Film Hollywood Bertema Kesetaraan Ras

Lintang Tribuana, Jurnalis · Selasa 09 Juni 2020 15:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 09 206 2226972 3-film-hollywood-bertema-kesetaraan-ras-zsjPh45wXk.jpg Hidden Figures (Foto: Ist)

JAKARTA - Isu tentang rasialisme belakangan kembali memanas setelah kasus kematian seorang pria Afro-Amerika bernama George Floyd akibat kekerasan polisi di Minneapolis, Amerika Serikat pada 25 Mei 2020.

Kematian Floyd menuai amarah publik. Warga sipil, termasuk selebriti Hollywood pun ikut turun ke jalan mengikuti protes atas ketidakadilan bagi warga kulit hitam dengan mengusung slogan Black Lives Matter.

Baca Juga:

Lagu-Lagu yang Berisi Pesan Melawan Perlakuan Rasisme Part 1

Video Aurel dan Azriel Kecil Viral, Netizen Banjir dengan Kritik

Namun, jauh sebelum itu, isu rasialisme memang sudah menyebar lama di Amerika Serikat. Dahulu, ras kulit hitam sebagai minoritas kerap menerima diskriminasi karena dianggap lebih rendah dari ras kulit putih.

Kisah perjuangan ras kulit hitam untuk mendapatkan kesetaraan haknya pun banyak dituangkan menjadi cerita film yang inspiratif. Berikut ini Okezone rangkum 3 film Hollywood yang mengangkat tema tentang kesetaraan ras.

1. 12 Years a Slave (2013)

 12 Years a Slave

Film karya sutradara Steve McQueen ini diadaptasi dari kisah nyata. Pada masa sebelum perang sipil Amerika, Solomon Northup (Chiwetel Eijofor), pria kulit hitam dari bagian utara New York diculik dan dijual sebagai budak.

Setelah terjerumus dalam perbudakan, Solomon berjuang. Tak hanya untuk hidup, tetapi juga mempertahankan martabatnya. Setelah 12 tahun pengembaraannya, Solomon bertemu dengan seorang abolisionis Kanada yang mengubah hidupnya.

2. Hairspray (2007)

 Hairspray

Sutradara Adam Shankman menyajikan film bertema kesetaraan rasialisme yang dikemas dengan musikal lewat film Hairspray. Menceritakan tentang seorang remaja bernama Tracy Turnblad (Nikki Blonsky) yang terobsesi dengan acara musikal di televisi, Corny Collins Show.

Tracy kemudian berhasil menjadi bagian dari acara tersebut. Namun, ia merasa tak adil ketika anak berkulit hitam hanya boleh tampil di acara sebulan sekali pada "Hari Negro". Akhirnya, Tracy berusaha mengintegrasikan acara itu tanpa merusak pekerjaannya.

3. Hidden Figures (2016)

Hidden Figures

Selain mengangkat tema kesetaraan ras, film yang disutradarai oleh Theodore Melfi ini juga memunculkan pesan kesetaraan gender. Film Hidden Figures menceritakan tiga perempuan Afro-Amerika yang merupakan ahli matematika.

Berdasarkan dari kisah nyata, ketiga perempuan yang bekerja di NASA ini disebut sebagai manusia komputer. Mereka dilibatkan dalam sejarah besar seperti ditugaskan khusus menghitung peluncuran astronot John Glenn ke orbit dan mengembalikannya dengan aman.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini