Edward James Olmos Kritik Peran Ben Affleck di Film 'Argo'

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Jum'at 05 Juni 2020 22:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 05 33 2225195 edward-james-olmos-kritik-peran-ben-affleck-di-film-argo-ESkOG0nOZi.jpg Ben Affleck dan Ana de Armas (Foto: Cosmopolitan)

LOS ANGELES - Kasus rasisme yang terjadi di Amerika tampaknya merembet ke berbagai sektor, salah satunya adalah industri hiburan khususnya film.

Sejak kematian George Floyd, isu terkait ras ini tampaknya semakin merembet ke dunia film.

Salah satu artis yang buka suara soal rasisme adalah artis keturunan Latin, Edward James Olmos. Ia buka suara soal kaitan antara iklim politik dan isu rasialisme.

Baca Juga: Ben Affleck dan Pacar Ikut Demo Menentang Rasisme di Amerika

Olmos buka suara, salah satu yang jadi rujukannya adalah film 'Argo' yang dibintangi dan disutradarai oleh Ben Affleck.

Dalam film tersebut, Olmos mempertanyakan alasan tokoh itu tak diperankan aktor berdarah Meksiko padahal, peran utama yang diangkat adalah seorang keturunan Meksiko-Amerika.

"Ketika Hollywood membuat film tentang Latin, katakanlah seperti Tony Mendez dalam 'Argo', Ben Affleck semestinya tak memerankankannya. Dia adalah sutradara, semestinya ia menggaet Michael Pena atau Andy Garcia," ungkap Olmos seperti dilansir Deadline.

Adapun film Argo menceritakan kisah nyata seorang agen CIA bernama Tony Mendez yang merupakan keturunan Meksiko-Amerika yang berpura-pura menjadi produser film Hollywood.

Tony Mendez beralibi mencari lokasi syuting di Iran yang sebenarnya memiliki tujuan untuk menyelamatkan enam sandera warga AS di sana di krisis tahun 1979.

Ben Affleck yang berperan sebagai Tony Mendez pada film tersebut membuat Olmos bereaksi. Menurutnya isu rasisme memang masih terjadi saat ini.

 

"Semuanya didominasi oleh orang Afrika atau Kaukasia. Dan tentu, orang-orang Asia, pribumi bahkan Latin sulit ditampilkan," ungkap Olmos.

Film ini sendiri menuai penghargaan Oscar. 'Argo' menjadi film terbaik di tahun 2013

(edh)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini