Pemberangkatan Haji 2020 Dibatalkan, Sahrul Gunawan Ungkap Nasib Bisnisnya

Lintang Tribuana, Jurnalis · Rabu 03 Juni 2020 17:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 03 33 2224028 pemberangkatan-haji-2020-dibatalkan-sahrul-gunawan-ungkap-nasib-bisnisnya-FVrrUKFM22.jpg Sahrul Gunawan (Foto: Instagram @sahrulgunawan)

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Agama telah menetapkan pembatalan pemberangkatan Haji 2020 sehubungan dengan adanya pandemi COVID-19 yang melanda dunia, termasuk Arab Saudi dan Indonesia. Hal itu tentu berdampak pada para pengusaha travel Haji dan Umrah di Tanah Air, termasuk aktor Sahrul Gunawan.

Karena adanya kebijakan tersebut, mau tak mau Sahrul harus menunda pemberangkatan calon jamaah Haji di travelnya yang sudah dijadwalkan pada tahun ini.

"Kita harus patuhi sebagai warga negara yang baik mengikuti kebijakan dari pemerintah. Ya enggak mungkin juga para penyelenggara umrah, termasuk saya untuk berangkatin. Teknisnya tidak mungkin," ungkap Sahrul, dikutip dari channel YouTube Sahrul Gunawan Official, Rabu (3/6/2020).

 

Baca Juga: Ibadah Haji 2020 Batal, Sahrul Gunawan Minta Calon Jamaah Bersabar

Atas adanya pembatalan pemberangkatan Haji ini, Sahrul mengaku belum merasakan kerugian secara langsung. Karena menurutnya, pihak penyelenggara hanya mengelola dana para calon jamaah dan memungkinkan adanya pengembalian dana.

"Untuk kerugian yang dirasakan secara langsung untuk saat ini, sebetulnya tidak (ada). Karena memang kita hanya mengelola dana untuk jamaah Haji. Kita berikan alternatif kepada jamaah yang mau refund tentu harus menunggu seluruh prosedurnya dan proses penegembaliannya nanti otomatis menggeser jadwal keberangkatan," kata Sahrul.

Namun Sahrul menegaskan bahwa pengembalian dana butuh proses. Karena pihak travel biasanya sudah menyetorkan dana jamaah kepada sejumlah pihak sebelum jadwal keberangkatan.

"Sebagai penyelanggara, saya menyarankan untuk tetap dengan porsi yang sekarang. Karena seluruh penyelenggara pun sebetulnya sudah menyetorkan kepada kementerian agama, seluruh hotel, vendor termasuk pesawat. Tentu tidak bisa secara langsung uangnya kembali karena ada prosedurnya. Seluruh travel saya kira semua menjamin keamanan dana yang disetor. Inysa Allah amanah," imbuhnya.

Meski bisnisnya terdampak kebijakan pemerintah, Sahrul tetap bersyukur dan berusaha melewati masalah ini. Kini, Sahrul lebih fokus bertanggungjawab untuk menjelaskan semua hal berkaitan pembatalan pemberangkatan Haji kepada calon jamaah dan agen lain yang bermitra dengan agen travelnya.

 

"Ada pemberitaan ini, saya ke kantor koordinasi dengan pimpinan kantor untuk informasikan kepada jamaah secara resmi, ada surat dari saya untuk jamaah dan para agen yang sudah bermitra dengan kami," pungkasnya.

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini