Share

Sebut BTS Seperti Perempuan, YouTuber Shallon Lester Tuai Kecaman

Lintang Tribuana, Jurnalis · Selasa 21 April 2020 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 21 33 2202374 sebut-bts-seperti-perempuan-youtuber-shallon-lester-tuai-kecaman-K2tJeVYC9S.jpg BTS. (Foto: Big Hit Entertainment)

NEW YORK - YouTuber Shallon Lester menuai protes keras warganet akibat komentarnya tentang pria Asia, khususnya para idol K-Pop. Dalam video terbarunya di YouTube, dia menyebut personel BTS terlihat seperti perempuan. 

"Ini ada perempuan dari BTS. Aku tak mengerti, lihat orang-orang ini. Aku bahkan tak tahu harus memanggil mereka laki-laki atau perempuan, karena aku tak tahu (gender) mereka," ujar Lester sambil menunjukkan poster BTS ke depan kamera.

 Shallon Lester. (Foto: YouTube)

Lester kemudian membahas riasan wajah, lensa kontak, hingga warna rambut para personel BTS. Dia mengungkapkan, para pria Asia tak perlu berpenampilan seperti perempuan. 

"Tampillah seperti pria Asia pada umumnya, dengan rambut dan mata gelap. Apakah pemikiranku ini aneh? Entahlah, kalian bisa mengatakan aku gila," ungkapnya.

Baca juga: RM: BTS Persiapkan Album Baru 

Baca juga: BTS Persiapkan Album Baru, RM Janji Sajikan Karya Terbaik

Tak hanya BTS, penulis buku asal California itu juga memberikan komentar yang sama tentang MONSTA X. Dia bersikukuh, personel MONSTA X adalah orang yang sama dengan BTS. 

Alasannya, personel dua boyband itu memiliki potongan rambut, riasan wajah, dan kontak lensa yang sama. "Tak mungkin mereka orang-orang yang berbeda," ujarnya.

Penggemar K-Pop kemudian bereaksi terhadap komentar Shallon Lester tersebut dan menyebutnya rasis. Beberapa akun fanbase BTS juga melaporkan sang YouTuber kepada beberapa brand yang mensponsorinya. 

"Shallon Lester, aku bisa memastikan bahwa personel MONSTA X dan BTS tidak mirip. Kau hanya orang rasis dan b*doh yang menggiring opini publik bahwa semua pria Asia mirip. Dewasalah!" ujar akun Twitter @mxphenomenon.

 Shallon Lester. (Foto: Twitter)

Kolumnis Billboard, Jeff Benjamin juga memberikan komentarnya tentang kontroversi tersebut. Lewat Twitter, dia menyayangkan komentar Shallon Lester yang merendahkan ras lain karena tak sesuai dengan pendangannya. 

Setelah mendapat kecaman dari penggemar K-Pop, Shallon Lester kemudian memprivate video tersebut. Dia membatasi komentar pada kolom Instagram pribadinya dan menggembok akun Twitter pribadinya.*

Baca juga: Jawaban Salmafina Sunan Jika Anak Kelak Putuskan Pindah Agama 

(SIS)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini