Alasan Iwan Fals Hindari Penggunaan Istilah Lockdown

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Selasa 31 Maret 2020 09:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 31 33 2191618 alasan-iwan-fals-hindari-penggunaan-istilah-lockdown-88TeLkESeB.jpg Iwan Fals. (Foto: Falcon Pictures)

JAKARTA - Musisi senior Iwan Fals mengungkapkan keberatannya atas penggunaan istilah lockdown. Dia menjelaskan, istilah karantina jauh terdengar lebih membumi untuk menggambarkan kondisi Indonesia di tengah pandemi virus Corona saat ini. 

Ia bahkan menyebut, istilah karantina jauh lebih tepat untuk dirinya yang tak fasih berbahasa Inggris. “Saya lebih suka istilah karantina daripada lockdown. Bukan karena ada di undang-undang, mungkin karena saya enggak bisa bahasa inggris saja kali ya. Istilah karantina lebih membumi gitu loh,” ujarnya lewat Twitter.

 Paling Banyak Dicari di Google, Iwan Fals Gelar Konser Mini

Unggahan pelantun Bento tersebut mendapat beragam reaksi dari pengguna Twitter, Sebagian setuju, ada pula yang kontra. Akun @kofalazza01 misalnya, mengaku lebih memilih menggunakan istilah ‘dirumah saja’ ketimbang lockdown atau karantina. 

“Karena kalau kata karantina seperti untuk orang yang terjangkit (virus Corona) saja,” ungkapnya.

Baca juga: Respons Iwan Fals soal Penyebaran Virus Corona di Indonesia 

Di luar penggunaan istilah yang digunakan, beberapa warganet menilai, pemerintah perlu mengambil kebijakan strategis sesegera mungkin guna meredam laju angka penderita virus Corona. 

“Jangan karena enggak ada duit buat menjamin kebutuhan rakyat, semua jadi korban. Yang dapat gaji bulanan enak, nah yang jadi buruh harian sama pedagang keliling siapa yang tanggung jawab?” ungkap akun @alfrabinaz.

 Iwan Fals bikin Mega Konser Akhir Cinta Si Doel Jadi Meriah

Hal itu kemudian diamini Iwan Fals. Dia juga mengimbau para pengikutnya di Twitter terus memberikan semangat kepada petugas medis yang menjadi garda terdepan untuk melawan virus Corona.

"Yang penting semangat dan menjaga kesehatan. Seperti nasihat dokter, berdoa dan saling mendoakan. Fokus pada kegemaran atau keahlian masing-masing dan gembira melakukannya. Siapa tahu jadi obat penangkal atau bahkan penyembuh penyakit,” kata Iwan Fals.*

Baca juga: Eddies Adelia Kembali Dinikahi Mantan Suami dengan Mahar Fantastis

(SIS)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini