nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Cara Cho Joo Bin Jebak Perempuan Jadi Korban Nth Room

Rena Pangesti, Jurnalis · Selasa 24 Maret 2020 18:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 24 33 2188374 begini-cara-cho-joo-bin-jebak-perempuan-jadi-korban-nth-room-iarsA130Ln.jpg Cho Joo Bin, pelaku kasus Nth Room (Foto: SBS News)

SEOUL – Cho Joo Bin menjadi tersangka atas kasus eksploitasi seksual yang dinamai Nth Room. Ia sudah ditangkap departemen cyber kepolisian Metropolitan Seoul sejak 19 Maret 2020.

Saat beraksi, Cho Joo Bin melakukan pendekatan kepada sejumlah perempuan dan anak di bawah umur. Pria 25 tahun ini menawarkan pekerjaan paruh waktu dan memberikan sertifikat.

Cho Joo Bin

Setelah mendapatkan informasi dan data diri korbannya, Cho Joo Bin mengancam akan menyebarkan informasi tersebut apabila korban tak mengirimkan foto dan video berbau seksual. Foto dan video tersebut lah yang disebarkan Cho Joo Bin di Nth Room.

Baca Juga:

- Yeonwoo Eks Momoland Difollow Akun yang Diduga Milik Pelaku Nth Room

- Kiwil Berikrar Akan Nikahi Jenazahnya, Meggy Wulandari Menangis

Setidaknya ada 74 perempuan yang menjadi korban eksploitasi dan lebih dari 260 ribu anggota group chat di aplikasi Telegram tersebut. Ratusan ribu pengguna tersebut harus membayar sejumlah uang untuk bisa masuk ke dalam grup dan menikmati konten seksual tersebut.

Cho Joo Bin

Mengutip Korea Times, Selasa (24/3/2020), pembayaran dilakukan melalui metode cryptocurrency (mata uang digital). Metode pembayaran ini akan lebih sulit dilacak oleh polisi daripada dengan cara pembayaran lain, seperti kartu kredit misalnya.

Sejauh ini, polisi sedang melacak 124 orang yang terlibat dengan kasus ini, termasuk Cho beserta 17 lain yang sudah ditahan. Namun pengguna yang pertama kali membuat chat room ini masih buron.

Dalam hukum Korea Selatan, mereka yang memiliki konten dengan mengeksploitasi anak di bawah umur akan dihukum 1 tahun penjara atau didenda hingga 20 juta Won, setara Rp263,5 juta. Tidak ada hukuman untuk seseorang yang memiliki konten eksploitasi seksual orang dewasa.

Sementara itu, publik Korea, termasuk para idol dan public figure lain telah mengisi petisi Blue House agar identitas dan foto Cho Joo Bin diungkap. Masyarakat juga menuntut pelaku dihukum berat untuk kasus ini.

"Pengungkapan harus didasarkan pada berbagai macam faktor seperti misalnya hak masyarakat untuk tahu, mencegah pelaku mengulangi kesalahannya, dan dampaknya dalam pencegahan tindakan kriminal," tutur Kepala Polisi Min Gab Ryong.

1
2
BERITA FOTO
+ 5

Potret Vanessa Angel Tampil Cantik dalam Balutan Kebaya

Vanessa tampil cantik dengan kebaya yang dikenakannya.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini