70 Ribu Bioskop Ditutup Imbas Korona, Box Office China Merosot

Rena Pangesti, Jurnalis · Sabtu 07 Maret 2020 13:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 07 206 2179672 70-ribu-bioskop-ditutup-imbas-korona-box-office-china-merosot-qFXXYAgfjT.jpg Ilustrasi film (Foto: ist)

BEIJING – Virus Korona turut memberikan dampak pada dunia entertainment dunia. Di China misalnya, Business Insider mencatat 70.000 bioskop ditutup sejak Januari silam guna menjaga agar virus itu tak meluas.

Mengutip Variety, Sabtu (7/3/2020) dengan ditutupnya puluhan ribu bioskop di China, pendapatan box office selama 2 bulan terakhir merosot. Mereka merugi hingga USD1,91 miliar atau setara Rp27,2 triliun.

Baca Juga:

Pertemuan dengan Raffi Ahmad Heboh, Yuni Shara: Saya Ini Kayak Monster

Menang Indonesian Idol X, Lyodra Ginting Optimis di Dunia Musik

Ilustrasi film


Menurut perusahaan data box-office Comscore, pemasukan di bulan Januari dan Februari hanya USD238 juta. Raihan ini jauh tertinggal dari tahun 2019 yang meraup USD2,148 miliar serta di 2018 yang bisa mengantongi USD2,338 miliar.

Lembaga research di China, Entgroup melaporkan, kecil kemungkinan bioskop di China akan dibuka pada Maret ini. Apalagi setelah kebijakan pemerintah setempat masih memberlakukan kontrol untuk industri perfilman di sana.

“Dilihat dari situasi ini, tidak memungkinkan bagi industri film melanjutkan bisnis,” kata Chen Bei, Wakil Sekretaris Jenderal Pemerintah kota Beijing ucapnya pada 2 Maret silam.

Baca Juga:

Sabar Ya Azriel dan Dul, Tiara Idol Ternyata Sudah Punya Kekasih

Sempat Mesra, Jennifer Jill Kembali Amuk Ajun Perwira

Ilustrasi film


Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Beijing dan Biro Film kota Beijing membuat peraturan ketat. Arahan ini ditujukan pada pelaku bisnis bioskop dan kru film jika mereka tetap melakukan bisnis.

Misalnya dengan mengantongi izin dari pihak berwenang untuk membuka bioskop. Bagi penonton diharuskan mendaftar dengan identitas diri, serta bioskop yang harus dilakukan pembersihan guna menghindari virus.

1
2
BERITA FOTO
+ 8

Ini Alasan Utama Bioskop XXI TIM Ditutup

Pekerja memindahkan barang di bioskop XXI Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini Jakarta Pusat, Selasa 20 Agustus 2019.

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini