Share

The Captain: Co-Pilot Sempat Tersedot Keluar, Pesawat 3U8633 Hampir Alami Kecelakaan Fatal

MNC Media, Jurnalis · Sabtu 22 Oktober 2022 15:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 22 206 2692445 the-captain-co-pilot-sempat-tersedot-keluar-pesawat-3u8633-hampir-alami-kecelakaan-fatal-BiXA39svTb.jpg The Captain. (Foto: Bona Film Group)

FILM ‘The Captain’ yang rilis pada 2019 diangkat berdasarkan kisah nyata saat penerbangan 3U8633 yang berangkat dari Bandara Sichuan menuju Bandara Lhasa hampir mengalami kecelakaan fatal pada 2018.

Film dimulai saat sang pilot bernama Captain Liu ditugaskan untuk membawa 119 penumpang dari Bandara Sichuan menuju Bandara Lhasa, Tibet, pada pagi hari. Di hari yang sama, anak perempuan Captain Liu akan mengadakan pesta ulang tahun. Ia berharap ia dapat menghadiri ulang tahun anaknya pada malam hari.

Setelah melakukan pemeriksaan menyeluruh dan memastikan bahwa pesawat dalam keadaan baik, pesawat bersiap lepas landas. Captain Liu didampingi oleh 2 co-pilot bernama Xu Yichen dan Liang Dong, beserta pramugara serta pramugari.

Karena cuaca saat itu yang tidak menentu, Captain Liu memerintahkan kepada para awak pesawat untuk menyampaikan pada penumpang bahwa pesawat kemungkinan besar akan mengalami turbulensi yang hebat.

Pada awalnya semua berjalan dengan baik hingga pada ketinggian 7200 meter, pesawat mulai mengalami guncangan yang cukup kuat. Setelah menerima konfirmasi dari menara kontrol, Captain Liu menerbangkan pesawat di ketinggian 9800 meter untuk mengurangi turbulensi.

Saat situasi sudah mulai stabil, jendela depan kokpit pesawat tiba-tiba mengalami keretakan yang cukup parah. Sayangnya, saat hendak menurunkan pesawat, jendela depan kokpit tiba-tiba pecah hingga membuat Co-Pilot Yichen tersedot keluar. Captain Liu pun langsung menahan Yichen sekuat tenaga melawan tingginya tekanan udara di dalam kokpit.

Kondisi semakin memburuk saat pesawat jatuh dari ketinggian yang seharusnya dengan kecepatan tinggi. Di sisi lain, Captain Liu harus mengendalikan pesawat bersamaan dengan menahan tubuh Yichen. Seluruh penumpang menjadi panik, beberapa pramugari terpental hingga pingsan, barang berjatuhan dari bagasi, dan sistem alarm darurat diaktifkan.

Staff dari menara kontrol yang kehilangan sinyal pesawat segera melapor ke supervisor dan langsung melakukan penyelidikan dan pelacakan tentang apa yang terjadi dengan pesawat tersebut.

Kembali ke situasi dalam pesawat, Co-Pilot Liang yang saat itu berada di kabin pesawat langsung bergegas ke dalam kokpit dengan susah payah. Liang kemudian membantu Captain Liu dan Yicheng menggunakan masker udara karena tekanan udara dalam kokpit yang begitu tinggi.

Informasi mengenai situasi darurat yang dialami pesawat Captain Liu mulai menyebar melalui media massa dan sudah sampai ke telinga istri Captain Liu. Melihat anaknya yang berharap sang ayah akan hadir di pesta ulang tahunnya, istri Captain Liu berusaha sekuat tenaga untuk menyembunyikan rasa takutnya di depan sang anak.

Sementara itu, Captain Liu dan Liang masih berusaha mengendalikan kemudi pesawat untuk menghindari tabrakan hingga keduanya kebingungan saat pesawat terus turun meski akan melewati gunung berbatu yang sangat berbahaya. Mereka bisa saja menaikkan ketinggian pesawat tetapi mereka juga harus menghadapi kumpulan awan yang sangat besar.

Captain Liu kemudian terpaksa menerjang awan gelap di depan pesawat mereka karena bandara terdekat yang bisa dicapai berada di depan rute mereka. Beruntung, Captain Liu berhasil mengarahkan pesawat keluar dari awan hitam dengan selamat. Di ketinggian 6000 meter, pesawat mulai stabil dan situasi perlahan terkendali dan Captain Liu mulai mengarahkan pesawat ke bandara terdekat yaitu bandara Cheongju.

Mereka pun mendarat dengan selamat di Bandara Cheongju. Seluruh penumpang bersorak dan merasa lega. Melalui radio, Captain Liu berterima kasih dan meminta maaf kepada seluruh penumpang karena tidak bisa mengantarkan ke bandara tujuan. Malamnya, Captain Liu akhirnya dapat menghadiri pesta ulang tahun sang anak yang begitu dicintainya.

Buat yang penasaran dengan rekap lebih detail dari film ‘The Captain’’, langsung aja cek videonya hanya di YouTube Channel Recap King, ya!

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Follow Berita Okezone di Google News

PT Suara Mas Abadi (SMA) dengan label Hits Records adalah perusahaan bergerak dalam bidang industri rekaman di bawah PT Star Media Nusantara (SMN) yang merupakan bagian dari PT MNC Studios International Tbk.

Hits Records memantapkan fokusnya kepada karya musik bergenre Pop, Folks, RnB, dll. Kesuksesan Hits Records dapat dilihat dari talenta-talenta yang dimiliki, seperti Andmesh Kamaleng, Mahalini Raharja, Nuca, Novia Bachmid, dll.

PT Suara Mas Abadi mengembangkan diri dengan membentuk divisi digital yang diberi nama StarHits dengan fokus untuk monetisasi aset digital MNC group, bekerjasama dengan banyak konten kreator untuk memproduksi konten yang bermutu.

StarHits juga ditunjuk oleh YouTube sebagai MCN (Multi Channel Network). Selain menyediakan layanan dalam pengelolaan konten, StarHits memiliki tujuan untuk mendistribusikan konten secara efektif ke seluruh platform media untuk meningkatkan jangkauan audiens, perlindungan konten atau hak cipta, & monetisasi konten.

Temukan kami di:

Website: https://www.starhits.id/

Facebook: https://www.facebook.com/starhitsidn

Twitter: https://twitter.com/Starhitsid

Instagram: https://www.instagram.com/starhitsid/

#RecapKing

#smn

#starhits

#hitsrecords

#msin

#mncstudiosinternational

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini