Bicara dari Sisi Psikologi, Rachel Amanda: Bullying Itu Kompleks

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Minggu 16 Februari 2020 15:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 16 33 2169313 bicara-dari-sisi-psikologi-rachel-amanda-bullying-itu-kompleks-wMSW5wrQ0I.jpg Rachel Amanda (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pendidikan psikologi yang kini ditempuh Rachel Amanda membuat dirinya merasa perlu ikut menyoroti aksi bullying yang belakangan marak terjadi. Wanita 25 tahun mengatakan, bullying merupakan hal kompleks yang harus ditangani dengan benar.

“Bullying itu kompleks,” ujar Rachel di kawasan Tebet, Jakarta baru-baru ini.

Dalam kasus bullying, Rachel Amanda menyebut para pelaku harusnya juga mendapat perhatian lebih. Sebab bisa saja, tindakan bullying yang dilakukan pelaku merupakan aksi balasan dari perlakuan serupa yang pernah dia alami.

 

Baca Juga: Sembuh dari Kanker Tiroid, Rachel Amanda Harus Minum Obat Seumur Hidup

“Sebelum kita ngelihat orang yang nge-bully, kita harus lihat background-nya juga. Jangan-jangan dia korban bullying juga. Ada kasus-kasus sebelumnya, ternyata pas kita lihat dia pernah menjadi korban juga,” jelas sang aktris.

Dari situ Rachel Amanda menilai, aksi bullying tidak bisa hanya ditangani lewat jalur hukum saja. Melainkan dari seluruh aspek kehidupan pelaku, karena bisa saja hal tersebut yang memicu timbulnya keinginan melakukan perundungan.

 

“Kita harus melihat lingkungan ini. Enggak cukup dengan dihukum, dipenjara, selesai. Kita haus melihat dari sisi pendidikan keluarga, dari sekolahnya sendiri,” pungkas Rachel.

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini