nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kaleidoskop 2019: 3 Skandal Pelecehan Seksual Artis Korea yang Menghebohkan

Rena Pangesti, Jurnalis · Rabu 25 Desember 2019 16:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 24 33 2145401 kaleidoskop-2019-3-skandal-pelecehan-seksual-artis-korea-yang-menghebohkan-34QHJWvAXe.jpg Kang Ji Hwan. (Foto: SBS)

SEOUL – Sepanjang 2019, seiring menggeliatnya gerakan MeToo di Korea Selatan, sederet kasus pelecehan seksual para pesohor pun mencuat ke permukaan. Peristiwa memalukan itu sempat dibantah oleh artis bersangkutan, meski akhirnya berhasil diungkap pihak kepolisian.

Berikut deretan kasus pelecehan seksual yang mendera para pesohor Korea Selatan sepanjang 2019 seperti dikutip dari berbagai sumber.

KANG JI HWAN

Aktor Kang Ji Hwan terbukti melakukan pemerkosaan dan tindakan tak senonoh dengan kekerasan terhadap dua perempuan pada 9 Juli 2019. Korban, merupakan karyawan dari agensinya yang diundang sang aktor ke kediaman pribadinya usai makan malam.

 Kang Ji Hwan ditangkap polisi atas dugaan pelecehan seksual di kediaman pribadinya, pada 9 Juli 2019. (Foto: IST)

Pada 5 Desember 2019, pengadilan kemudian memutus bersalah Kang Ji Hwan dan memvonisnya 2 tahun dan 6 bulan penjara. Dia juga diharuskan melakukan layanan masyarakat selama 120 jam.

Namun pada 12 Desember 2019, jaksa penuntut mengajukan banding atas vonis tersebut. Sebab, putusan pengadilan dinilai cukup ringan dari tuntutan sebelumnya, 3 tahun penjara.

Baca juga: Aktor Kang Ji Hwan Ditangkap Polisi Atas Dugaan Pelecehan Seksual 

MINWOO SHINHWA

Kasus pelecehan seksual Lee Minwoo bermula dari laporan seorang perempuan pada 29 Juni 2019. Dia mengaku, diperlakukan tak senonoh (dicium paksa dan digerayangi) oleh personel Shinhwa tersebut di sebuah bar di kawasan Gangnam.

Minwoo Shinhwa. (Foto: Instagram/@mstyle79) 

Meski hanya dilaporkan satu perempuan, namun Minwoo diduga melakukan tindakan itu terhadap dua perempuan. Namun menariknya, korban memutuskan untuk menarik laporan hukumnya, meski polisi tetap melanjutkan penyelidikan mereka.

 

Dalam prosesnya, polisi kemudian menemukan rekaman CCTV yang membuktikan aksi tak pantas yang dilakukan Minwoo. Pada 17 Juli 2019, Kepolisian Gangnam kemudian melimpahkan berkas perkara kasus itu ke kejaksaan.

KIM GUN MO

Keterlibatan penyanyi senior Kim Gun Mo dalam kasus pelecehan seksual dibocorkan oleh channel YouTube Garo Sero Institute, pada 6 Desember 2019. Dalam vlog tersebut, seorang pelayan bar berinisial A mengaku dilecehkan oleh Kim, pada 2016.

Kim Gun Mo. (Foto: Koreaboo) 

Kim memaksa pelayan tersebut untuk melakukan seks oral padanya. Kasus itu kemudian dilaporkan A ke pihak kepolisian, pada 9 Desember 2019. Sehari setelah laporan itu, perempuan lain juga mengaku menjadi korban kekerasan seksual penyanyi 51 tahun tersebut, pada 10 Januari 2007.

 

Meski ada dua perempuan yang menjadi korban, namun Kim Gun Mo tetap membantah melakukan perbuatan keji tersebut. Bahkan, dia balik mempolisikan perempuan tersebut dengan tuduhan palsu pada 13 Desember silam.*

Baca juga: Jelang Natal, Yuni Shara Silaturahmi ke Mantan Suami 

1
3
BERITA FOTO
+ 9

Potret Liburan Nagita-Raffi di Korea

Nagita Slavina bersandar di pundak Raffi Ahmad saat liburan di Korea. (Foto: Instagram @raffinagita1717)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini