Kaleidoskop 2019: Peta Persaingan Film Indonesia

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Selasa 24 Desember 2019 13:07 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 23 206 2145245 kaleidoskop-2019-peta-persaingan-film-indonesia-yrEIS5mudb.jpg Ilustrasi Perfilman Indonesia (Foto: FFI 2019)

JAKARTA - Menyambut tahun baru 2020, beberapa rumah produksi sudah mempersiapkan jagoannya masing-masing. Peta persaingan film Indonesia 2020 pun terasa seru dan menjanjikan untuk disaksikan.

Visinema Pictures akan mengawali tahun dengan film andalannya, Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Perilisan NKCTHI tentu saja berkaca pada kesuksesan Visinema tahun lalu dengan Keluarga Cemara-nya yang mendapat 1,7 juta penonton. Film yang diangkat dari buku karya Marchella FP ini dibintangi oleh Rio Dewanto, Rachel Amanda, Sheila Dara, Donny Damara, Ardhito Pramono, dan banyak bintang lainnya.

Baca Juga:

Hot Gosip: Komentar Ayah Kandung Betrand Peto hingga Kebiasaan Yuni Shara Gunakan Sex Toy

Beda Agama, 4 Artis Ini Harmonis Rayakan Natal Bersama Keluarga

Preman Pensiun


Januari juga akan diramaikan oleh kehadiran Akhir Kisah Cinta Si Doel dari Falcon Pictures. Dengan membawa akhir cerita dari triloginya, film yang disutradarai oleh Rano Karno ini dipastikan akan menjadi salah satu film paling dinantikan. Apalagi penonton film Si Doel selama ini selalu menghasilkan setidaknya satu juta penonton.

Sementara itu MNC Pictures akan menyusul Visinema dan Falcon dengan film Temen Kondangan yang akan dirilis pada tanggal 30 Januari 2020. Serupa dengan Visinema, MNC pun berkaca pada kesuksesan Preman Pensiun tahun lalu yang meraih 1,1 juta penonton.

Dengan target total penonton mencapai 68 juta, MNC Pictures yakin persaingan akan semakin ketat. Semua rumah produksi berlomba-lomba mengeluarkan karya terbaik demi kepuasan penonton.

“Tahun ini diharapkan bisa menutup sekitar 68 juta penonton kalau gak salah. Jadi, cukup bagus. Artinya tahun depan bisa lebih tinggi lagi dan kompetisi juga semakin seru dan semakin banyak film-film berkualitas yang muncul,” kata Titan Hermawan, Managing Director MNC Pictures.

MNC Pictures juga rencananya akan mengeluarkan film thriller pertama mereka pada tahun ini. Meski masih dirahasiakan, Titan sangat percaya bahwa film thriller MNC menawarkan sebuah cerita dan aksi menarik untuk penonton.

Tak ingin kalah dengan rumah produksi lainnya, Starvision juga sudah menyiapkan lineup cukup menarik pada tahun depan. Selain film action Tarung Sarung dan drama percintaan Laila Majnun, Starvision kabarnya sudah mengantongi satu film Ernest Prakasa lagi untuk akhir tahun.

Baca Juga:

Undang Istri Gus Dur, Deddy Corbuzier: Salah Satu Podcast Terbaik

Hidup Seperti Sultan, Nia Ramadhani Tak Tahu Letak Kain Pel di Rumahnya

MNC Pictures


“Saya merasa line-up saya 2020 jauh lebih baik dari 2019. Kita akan mulai tahun depan dengan film-film yang message nya jelas, menghibur, bukan hanya bikin orang ketawa aja tapi juga membawa kehangatan. Laila Majnun, Tarung Sarung, Mariposa, Yowis Ben 3, ada film Ernest lagi akhir tahun, dan rencana Ghost Writer yang kedua,” kata Chand Parwez, produser Starvision.

MD Pictures juga cukup bersemangat menyambut tahun 2020. MD rencananya akan menggebrak dengan dua film horor KKN di Desa Penari dan film Danur 4. Rumah produksi ini juga akan mengadaptasi sinetron Cinta Fitri ke dalam film layar lebar.

“2020 MD Pictures punya film sangat yakin dari KKN, Surga Yang Tak Dirindukan 3, Danur 4, Cinta Fitri, Dignitate, Bumi Cinta, Kisah Tanah Jawa. Jadi line-up MD saya rasa sangat solid untuk 2020 karena sekarang MD sudah listed company jadi punya tanggung jawab yang beda. Saya kira line-up 2020 saya luar biasa,” ujar Manoj Punjabi dengan yakin.

Persaingan film Indonesia di tahun 2020 dipastikan akan seru dari Januari hingga Desember. Dari data di atas, setidaknya kita juga akan menyaksikan duel seru antara film Ernest Prakasa melawan Suara Dari Dilan yang tayang pada Desember.

1
2
BERITA FOTO
+ 5

Ghaitsa Kenang Ikut Girang dengan Kesuksesan Film Dilan 1991

Ghaitsa turut merasakan dampak positif dari kesuksesan film Dilan 1991 yang kini tengah tayang di bioskop.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini