Kaleidoskop 2019: Deretan Selebriti Terjerat Hukum, Narkoba hingga Prostitusi

Hana Futari, Jurnalis · Selasa 24 Desember 2019 08:06 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 20 33 2144285 kaleidoskop-2019-deretan-selebriti-terjerat-hukum-narkoba-hingga-prostitusi-5IzG01e45w.jpg Vanessa Angel (Foto: Instagram @vanessaangelofficial)

JAKARTA – Sepanjang tahun 2019, sederet selebritis terjerat kasus hukum hingga harus mempertanggungjawabkan perbuatan mereka. Kasus yang menyangkut para selebritis di tahun 2019 didominasi penyalahgunaan narkotika.

Bukan hanya narkotika, kasus artis lainnya yang sempat membuat geger yaitu prostitusi online. Di mana, kasus tersebut menjerat nama Vanessa Angel yang membuatnya harus menjalani masa tahanan di balik jeruji besi.

Selain itu, ada pula Kriss Hatta yang harus menjalani masa hukuman kurungan dua kali atas kasus yang berbeda. Kasus pertama terkait pemalsuan dokumen pernikahannya dengan Hilda Vitria. Tak lama setelah menghirup udara segar, Kriss pun kembali menjalani hukuman lantaran kasus penganiayaan terhadap Anthony Hilenaar.

Okezone telah merangkum deretan kasus hukum yang menjerat para selebritis di tahun 2019. Berikut ulasannya:

1. Vanessa Angel

Vanessa Angel

Pesinetron Vanessa Angel terjerat kasus protitusi online di awal tahun 2019. Kasus itu terungkap ketika Vanessa tengah berada di Surabaya. Saat itu, Vanessa digerebek oleh petugas dari Polda Jatim di salah satu hotel di kawasan Surabaya pada 5 Januari 2019. Bersama Vanessa, polisi juga mengamankan Rian, seorang pengusaha asal Lumajang yang memesan layanan sang aktris dengan tarif Rp80 juta.

Baca juga: Dihakimi Publik usai Menikah, Vanessa Angel: Aku Enggak Peduli

Pada 16 Januari 2019, Vanessa Angel pun ditetapkan sebagai tersangka. Menurut pihak kepolisian, Vanessa terbukti menyebar konten pornografi terkait prostitusi online. Sementara itu, Vanessa memenuhi panggilan penyidik di Mapolda Jawa Timur. Empat jam setelah dilakukan pemeriksaan, Vanessa pun langsung ditahan dan dijatuhi hukuman enam bulan penjara.

2. Caca Duo Molek

Caca Duo Molek

Pedangdut Caca Duo Molek diamankan kepolisian pada 14 Januari 2019 atas kasus kepemilikan narkoba. Dari penangkapan tersebut, polisi berhasil menemukan barang bukti berupa psikotropika jenis Inex serta sabu sisa pakai yang sebelumnya berbobot 5 gram.

3. Jupiter Fortissimo

Jupiter

Untuk kedua kalinya aktor Jupiter Fortissimo harus berurusan dengan kasus narkoba. Mantan kekasih Sheila Marcia itu diringkus oleh pihak kepolisian pada 11 Februari 2019 lalu.

Saat dilakukan penangkapan, Jupiter tengah berada di sebuah kost-kostan di kawasan Jakarta Barat. Seakan mengulang kesalahan yang lalu, Jupiter kembali diamankan dengan barang bukti berupa sabu. Sebelumnya, Jupiter juga sempat menjalani hukuman penjara dengan kasus yang sama pada Mei 2016. Jupiter pun kemudian bebas pada 27 Juli 2018 setelah menjalani hukuman selama 2,5 tahun.

4. Sandy Tumiwa

Sandy Tumiwa

Sandy Tumiwa juga meramaikan kasus kepemilikan narkoba di kalangan artis pada 2019 ini. Mantan suami Thessa Kaunang itu diamankan pihak kepolisian pada 1 Maret 2019 di kawasan Jakarta Selatan.

Baca juga: Usai Operasi Gigi, Elly Sugigi Banjir Pujian Netizen

Menurut Kapolsek Metro Menteng, AKBP Dedy Supriyadi, Sandy Tumiwa diamankan dengan indikasi kepemilikan narkotika golongan satu. “Kami tangkap Jumat dini hari tadi, pelaku diindikasi memiliki, menyimpan, menguasai narkotika Golongan 1 bukan tanaman secara tanpa hak dan melawan hukum," kata Dedy Supriyadi.

5. Zul Zivilia

Zul Zivilia

Lama tak terdengar kabarnya di belantika musik Tanah Air, vokalis band Zivilia, Zul terjerat kasus narkotika pada 28 Februari 2019. Penangkapan itu sendiri dilakukan di sebuah apartemen di kawasan Jakarta Utara oleh Ditresnarkoba Polda Metro Jaya.

Baca juga: Reaksi Faisal Nasimuddin saat Luna Maya Disebut Jadi Pencapaiannya

Saat diamankan, polisi juga berhasil menyita barang bukti berupa 9,54 kilogram sabu serta 24 ribu butir ekstasi. Berdasarkan pemeriksaan, diketahui bahwa Zul seorang pemakai sekaligus sempat mengedarkan narkoba sebanyak dua kali. Ia pun divonis 18 tahun penjara dan denda Rp1 miliar.

6. Kriss Hatta

Kriss Hatta

Tahun 2019 tampaknya menjadi waktu yang berat bagi Kriss Hatta. Pasalnya, di tahun yang sama, Kriss terjerat dua kasus berbeda dan harus mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Kasus peratama yang menjerat Kriss Hatta yaitu pemalsuan dokumen pernikahannya dengan Hilda Vitria. Atas tudingan tersebut, Kriss pun resmi ditahan pada 9 April 2019 di rumah tahanan Bulak Kapal, Bekasi. Kurang lebih 3 bulan mendekam di balik jeruji besi, Kriss Hatta akhrinya divonis bebas. Kriss Hatta dinyatakan tidak bersalah atas kasus pemalsuan dokumen nikah yang dilaporkan oleh Hilda Vitria.

Baru satu bulan menghirup udara segar, Kriss Hatta harus kembali menjalani hukuman di balik jeruji besi. Kriss Hatta ditahan terkait dugaan penganiyaan terhadap seorang pria bernama Anthony Hilenaar. Dari hasil pemeriksaan, Kriss Hatta melakukan penganiayaan. Salah satu bukti dari kasus tersebut yaitu rekaman CCTV di lokasi tempat kejadian perkara. Akibat dari kasus penganiayaan ini, Kriss Hatta terancam hukuman 2 tahun 8 bulan. Dia dijerat dengan Pasal 351 KUHP.

7. Galih Ginanjar, Rey Utami dan Pablo Benua

Trio Ikan Asin

Galih Ginanjar, Rey Utami dan Pablo Benua terjerat kasus hukum lantaran video yang mereka buat di saluran YouTube. Dalam video di saluran YouTube milik Rey Utami dan Pablo, pasangan suami istri itu menghadirkan Galih Ginanjar sebagai bintang tamu.

Di percakapan tersebut, Rey pun menyinggung soal mantan istri Galih Ginanjar yakni Fairuz A Rafiq. Galih pun kemudian membongkar cerita tak menyenangkan terkait mantan istrinya itu. Galih membocorkan kehidupan ranjang yang pernah dia jalani bersama Fairuz. Suami siri Barbie Kumalasari tersebut pun menyebut jika Fairuz tak pandai menjaga kebersihan hingga organ intimnya berbau.

Video tersebut pun kemudian dikecam oleh para netizen. Tak sedikit publik yang menilai bahwa ucapan Galih Ginanjar serta Rey Utami dan Pablo Benua selaku pemilik akun tak pantas. Kini, tiga selebritis yang dijulki dengan Trio Ikan Asin itu harus mempertanggungjawabkan perbuatan mereka di balik jeruji besi. Ketiganya resmi ditangkap pada Juli 2019 lalu setelah dilaporkan oleh Fairuz A Rafiq.

8. Nunung Srimulat

Nunung

Nunung Srimulat menambah daftar panjang selebritis yang terjerat kasus narkoba di tahun 2019. Komedian ini, diamankan petugas kepolisian di kediamannya yang berlokasi di Tebet, Jakarta Selatan pada 19 Juli 2019.

Nunung diamankan pihak kepolisian bersama suaminya, Iyan Sambiran. Dari penangkapan tersebut polisi berhasil menemukan barang bukti berupa satu klip sabu seberat 0,36 gram, dua klip kecil bekas bungkus sabu, tiga buah sedotan plastik untuk menggunakan sabu, satu buah sedotan plastik sendok sabu, satu buah botol larutan cap kaki tiga untuk bong memakai sabu.

9. Jefri Nichol

Jefri Nichol

Aktor muda Jefri Nichol juga sempat terjerumus dalam lembah hitam narkotika. Pemain film Dear Nathan ini diamankan tim Satnarkoba Polres Metro Jakarta Selatan pada 23 Juli 2019.

Dari hasi pengamanan tersebut, polisi berhasil mendapatkan barang bukti berupa 6,01gram ganja. Barang tersebut disimpan oleh Jefri Nichol di kulkas yang berada di kamarnya. Atas kasus tersebut, Jefri Nichol divonis hukuman tujuh bulan rehabilitasi. Namun, diketahui bahwa kini Jefri telah dinyatakan bebas bersyarat.

10. Rio Reifan

Rio Reifan

Rio Reifan kembali terjerumus dalam lembah hitam narkoba. Ini merupakan ketiga kalinya suami dari Henny Mona ini berurusan dengan barang terlarang tersebut.

Rio Reifan di kediamannya yang berlokasi di Pondok Gede, Bekasi pada 13 Agustus 2019 lalu. Dari penangkapan tersebut, polisi berhasil menyita barang bukti berupa sabu seberat 0,0129gram.

11. Rifat Umar

Riefat Umar

Mantan artis cilik Rifat Umar juga diamankan petugas kepolisian lantaran tertangkap tangan atas kepemilikan dan penggunaan narkotika. Aktor yang juga dikenal dengan nama Rifat Sungkar ini diamankan di kos-kosan daerah Pesanggrahan, Jakarta Selatan pada 2 Oktober 2019.

Bersama Rifat, polisi juga menangkap pria berinisal RR serta kekasih Umar, T. Dari hasil tes urine, Rifat dinyatakan positif menggunakan ganja, amfetamin, metanfetamin, dan benzodiazepin, namun negatif mengonsumsi morfin serta kokain.

12. Daffa D’Academy

Daffa D'Academy

Kasus narkotika yang menjerat para selebritis tampaknya tidak menjadi pelajaran. Pada 5 Oktober 2019, salah satu pedangdut jebolan D’Academy 2 yaitu Daffa diamankan pihak kepolisian atas tuduhan penyalahgunaan narkoba.

Pemilik nama lengkap Septyan Arrochman ini diciduk di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Dari penangkapan tersebut, polisi berhasil menyita barang bukti berupa satu bungkus plastik berisi sabu-sabu seberat 0,73 gram.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini