Rayi RAN Puji Perkembangan Musik Hip Hop di Indonesia

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Selasa 17 Desember 2019 23:06 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 17 205 2143177 rayi-ran-puji-perkembangan-musik-hip-hop-di-indonesia-HDlKr60yBr.jpg Rayi RAN (Foto: Instagram Rayi RAN)

JAKARTA - Di balik kariernya sebagai personel RAN, Rayi Putra memiliki ketertarikan sendiri dalam musik hip hop. Selama ini musik hip hop sendiri memang kurang begitu diminati oleh pasar namun tetap memiliki pendengarnya sendiri.

Rayi mengaku senang karena musik hip hop Indonesia kini mulai bergerak sedikit demi sedikit. Sebagai seorang musisi, Rayi hanya bisa membantu menghidupkan skena musik ini dengan membuat lagu-lagu yang bisa cocok dengan masyarakat Indonesia.

Baca Juga:

Marion Jola Gugup Dibantu Rayi & Nino RAN Garap Album, Kenapa?

Kesulitan Garap Album Perdana, Marion Jola Nangis

Rayi RAN


"Di Indonesia itu memang mungkin hip hop belum menjadi musik mainstream, tapi kita dengan ini berusaha untuk terus memproduksi produk-produk lagu yang nantinya insya Allah siapa tahu bisa menembus chart Indonesia dan bahkan diminati Indonesia," kata Rayi saat ditemui di Jakarta Selatan, Selasa (17/12/2019).

Rayi Putra percaya hip-hop akan memiliki waktunya sendiri menjadi musik yang diminati oleh masyarakat di masa depan.

Di luar kesibukannya bersama RAN, Rayi Putra sendiri kini ikut berkolaborasi dengan label rekaman hip hop Def Jam Indonesia. Proyek ini merupakan hasil kolaborasi Universal Music untuk menyatukan rapper-rapper dari Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Selain Rayi, rapper Indonesia yang digaet oleh Def Jam adalah Ben Utomo, Mukarakat, dan Ariel Nayaka. Def Jam nantinya akan melihat talenta-talenta terbaik lain dari negeri tetangga.

"Apa yang bisa mereka lakukan sekarang adalah untuk mengumpulkan rapper-rapper dan penyanyi atau rapper yang di genre RnB hip hop yang terbaik-terbaiknya dari negara-negara di Asia Tenggara gitu. Dari Malaysia juga, dari Singapore juga, dari Thailand, Philippine dan Vietnam," paparnya.

Baca Juga:

Beda Usia 35 Tahun, Madonna Pacari Penari Latarnya

Terungkap, Ini Profesi Suami Vanessa Angel

Musisi Hip Hop


Rayi Putra juga memiliki harapan agar dengan bergabungnya ia ke Def Jam bisa semakin memajukan industri musik hip hop Tanah Air. Kesempatan seperti ini bisa digunakan untuk melebarkan sayap ke panggung internasional.

"Jadi mungkin nanti artis-artis Indonesia juga bisa punya kesempatan untuk bisa dipasarkan lagunya di Singapore, Malaysia, Thailand dan lain-lain. Begitu pula juga artis dari negara yang lain juga kita bisa saling melebarkan sayap kita. Ada tempat-tempat yang mungkin tadi kita enggak kepikiran, bisa kita kejar gitu," lanjutnya.

"Tidak hanya memfasilitasi kolaborasi antar rappet di Tanah Air, Def Jam Indonesia dibantu oleh Def Jam Southeast Asia telah dan akan terus memfasilitasi kolaborasi rapper Tanah Air dengan negara tetangga," tutup Wisnu Surjono selaku Managing Director Universal Music Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini