nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bolot, Nama Pemberian Nenek Pendatang Rezeki

Hana Futari, Jurnalis · Sabtu 16 November 2019 10:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 15 33 2130477 bolot-nama-pemberian-nenek-pendatang-rezeki-74ra209sgl.jpg Bolot. (Foto: YouTube/iNews)

JAKARTA - Komedian Bolot memiliki karakter tersendiri dalam setiap penampilannya. Sesuai nama yang disandangnya, Bolot menjadi karakter pria yang hampir selalu salah mendengar dan menangkap makna percakapan alias budek.

Imej budek tersebut memang sengaja diciptakan Bolot. Pemilik nama lengkap Muhammad Sulaeman Harsono itu mengaku, karakter tersebut sukses mendatangkan rezeki untuknya.

Bolot mengaku, nama panggungnya itu merupakan pemberian sang nenek. (Foto: YouTube/iNews) 

“Ya, alhamdulillah. Sejak gue berlagak enggak mendengar gitu ya selalu ada rezekinya. Mungkin rezekinya ada di situ kali ya,” kata Bolot seperti dikutip dari tayangan talkshow salah satu stasiun TV swasta, pada 25 Juni silam.

Cerita unik pun mengiringi pemilihan nama Bolot untuk pelawak 77 tahun tersebut. Menurutnya, nama itu awalnya dicetuskan oleh sang nenek. “Nenek gue kan orang Jawa. Gue cucu pertama dan paling disayang sama nenek,” katanya berkisah.

Baca juga: Bolot: Biar Sekolah Rendah, Ambisi Harus Tinggi 

Bolot menambahkan, “Sekitar umur 6 atau 7 tahun, gue main hujan-hujanan. Nenek gue bilang, ‘Kamu jangan main hujan-hujanan, nanti bolotan’. Bolotan itu artinya dakian, orang main becekan.”

Akan tetapi, arti bolot yang dimaksud sang nenek tak dipahami oleh teman-teman kecil pria kelahiran Bogor, Jawa Barat itu. Meskipun demikian, nama tersebut begitu melekat pada Bolot. “Karena teman-teman enggak mengerti apa itu bolotan, akhirnya mereka panggil gue dengan nama Bolot,” tuturnya.

 Bolot mengaku, nama panggungnya itu merupakan pemberian sang nenek. (Foto: YouTube/iNews)

Nama tersebut pun akhirnya mengiringi kehidupan Bolot. Pria yang sempat bekerja sebagai buruh kapal itu menggunakan nama tersebut saat membentuk grup lawak.

Sementara karakter Bolot yang memiliki pendengaran minim pertama kali dimainkannya dalam film Pocong Juga Pocong sekitar tahun 1987.

“Yang lain kan pakai logat Batak atau daerah lainnya. Nah, gue coba-coba berlagak buddek untuk karakter Bolot ini. Alhamdulillah, saat itu grup lawak gue juara satu," kisahnya.

Selama 32 tahun berkarier di dunia hiburan, Muhammad Sulaeman Harsono mengamankan posisinya sebagai salah satu pelawak legendaris Tanah Air. Sebelum mencapai kehidupannya saat ini, Bolot sempat mengalami kesulitan ekonomi.

 

Bahkan, Bolot dan keluarga kecilnya pernah tinggal di bekas kandang kambing selama 3 tahun. Cobaan lain kembali menghampiri Bolot, saat sang istri pertama meninggalkannya dengan tiga anak yang masih kecil.

Namun kehidupan Bolot perlahan berubah. Selain tetap eksis di dunia hiburan Tanah Air, komedian yang kerap tampil bersama Malih Tongtong. Kini, dia menjadi juragan kontrakan 140 pintu dengan penghasilan kurang lebih Rp80 juta perbulan.*

Baca juga: Rebutan Anak, Halle Berry Tuding Mantan Pacar Rasis dan Inces

1
3
BERITA FOTO
+ 6

Ketika Komedian Kocok Perut Penonton HUT GTV Amazing 17

Para komedian memeriahkan acara puncak perayaan ulang tahun GTV bertajuk Amazing 17.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini