Tindakan Ekstrem Penggemar Demi Dapat Perhatian Idola Termasuk Gangguan Kejiwaan?

Rena Pangesti, Jurnalis · Sabtu 05 Oktober 2019 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 04 33 2113075 tindakan-ekstrem-penggemar-demi-dapat-perhatian-idola-termasuk-gangguan-kejiwaan-iQ4CeGs0Ks.jpeg Fanatisme fans ke artis (Foto: Ilustrasi Okezone)

JAKARTA - Mengagumi seorang selebriti atau public figure memang terbilang wajar. Namun segelintir orang menunjukkan perilaku tak lazim demi mendapatkan perhatian idolanya. Menguntit hingga mengganggu kehidupan pribadi sang idola menjadi hal yang kerap terdengar.

Baca Juga: Alasan Chand Kelvin Tak Polisikan Fans Halu yang Menerornya

Salah satu contoh yang belum lama ini muncul adalah penggemar Chand Kelvin yang mengaku istri sebagai istri sang aktor. Perempuan bernama Reina itu dengan berani memaki Dinar Candy karena sempat foto dengan Chand Kelvin.

Chand Kelvin

Ternyata, Dinar Candy bukan satu-satunya orang yang pernah diganggu Reina karena kedekatannya dengan Chand. Kepada Okezone, Chand Kelvin membeberkan jika perilaku penggemar yang menganggapnya kekasih itu sudah setahun belakangan terjadi.

"Tindakannya hanya blokir nomor saja dan enggak mau ribut-ribut waktu itu. Tapi saat muncul ke publik dan takut nama baikku tercoreng jadi minta klarifikasi dari pihak dia," kata Chand saat dihubungi melalui telefon, Kamis (3/10/2019).

Sepupu fans fanatik Chand

Keluarga Reina menjelaskan jika perempuan tersebut mengalami gangguan jiwa. Ia begitu menyukai Chand sampai melakukan tindakan berani tersebut.

"Karena dibilang ada gangguanm saya mau marah gimana? Paling hanya menyarankan agar dia (Reina) jangan pegang handphone karena takut terulang lagi kejadian ini," sambung Chand.

Selain di Indonesia, perilaku penggemar yang meresahkan idola juga pernah terjadi pada 30 Maret 1981. Demi menarik perhatian aktris Jodie Foster, fans bernama John Warnock Hinckley Jr nekat menembak mantan Presiden Amerika, Ronald Reagan.

Jodie Foster

John beberapa kali melepaskan temabakan ke arah presiden ke-40 Amerika tersebut dan mengenai bagian paru-paru. Bukan hanya sang presiden yang menjadi korban, 3 orang lainnya tak luput dari serangan itu.

Melansir Biography, Sabtu (5/10/2019), Hinckley berkata pada polisi dalam penyelidikan, penembakan itu adalah bentuk ungkapan cintanya pada Jodie. Sayangnya, apa yang dilakukan pria 25 tahun itu justru membuat sang aktris takut.

John Warnock Hinckley Jr

Perilaku berlebihan penggemar kepada idola ini diindentifikasikan psikiater Mintarsih A. Latief sebagai kondisi Celebrity Worship Syndrome (CWS). Ini adalah sebuah keadaan di mana seseorang terobsesi berat hingga memuja selebriti.

Meski baru kondisi, namun hal tersebut memungkinkan orang tersebut terkena gangguan jiwa. "Indikasi menuju gangguan jiwa ditandai dengan internalisasi (merasa jadi bagian dari orang tersebut), dia bisa berhalusinasi bahkan sampai delusi," jelas Mintarsih saat dihubungi Okezone.

Tematik fanatisme fans

Anggapan seorang penggemar bahwa dirinya adalah bagian penting dalam kehidupan sang artis hingga merasakan kesedihan mendalam jika idolanya tersakiti menjadi bagian dari halusinasi seseorang dengan kondisi CWS.

"Daya khayal seperti itu sudah tidak rasional dan gejala ini tidak bisa dipandang remeh lingkungan sekitar," imbuh Mintarsih.

Ia menyarankan agar orang-orang terdekat bisa mendeteksi gejala CWS. Harapannya tentu agar meminimalisir hal-hal buruk terjadi, baik pada penggemar maupun sang idola.

Baca Juga: Mark Westlife Umumkan Kelahiran Bayi Bersama Kekasih Prianya

"Konsultasi langsung kepada psikolog atau psikiater agar bisa memberikan penanganan atau tindakan medis. Karena jika diabaikan bisa berbahaya," tegas Mintarsih.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini