nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kritisi RUU KHUP, Ki Kusumo Permasalahkan Pasal Santet

Alan Pamungkas, Jurnalis · Rabu 25 September 2019 03:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 24 33 2108845 kritisi-ruu-khup-ki-kusumo-permasalahkan-pasal-santet-ldx0ijQTtl.jpeg Ki Kusumo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Artis sekaligus paranormal Ki Kusumo turut mengkritisi Rancangan Undang-Undang Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RUU KUHP), terutama pada Pasal 252 tentang santet dan klenik.

Ki Kusumo mempermasahkan Pasal 252 Ayat 1 yang berbunyi "Setiap orang yang menyatakan dirinya mempunyai kekuatan gaib, memberitahukan, memberikan harapan, menawarkan, atau memberikan bantuan jasa kepada orang lain bahwa karena perbuatannya dapat menimbulkan penyakit, kematian, atau penderitaan mental atau fisik seseorang dipidana dengan pidana penjara paling lama tiga tahun atau pidana denda paling banyak Kategori IV". Denda kategori IV ini sebagaimana disebutkan dalam Pasal 79 yakni membayar denda Rp200 juta.

Baca Juga:

HUT KE-74 RI, Ki Kusumo: Jangan Saling Caci Maki

Sholeh Pati dan Ki Kusumo Benarkan Keberadaan Bus Hantu

Ki Kusumo


Menurut Ki Kusumo, pasal tersebut rawan disalahgunakan. Ki Kusumo menjelaskan, munculnya pasal ini membuat kredibilitas anggota DPR dipertanyakan.

"Bicara santet, di DPR ada nggak ahli santet, kalau nggak ada yang mengerti tentang itu berarti mereka itu membicarakan apa? Mereka bicara tentang sesuatu yang bukan menjadi keahliannya atau bidang mereka. Jadi kalau mau ngomong santet, kumpulkan ahlinya dulu,” jelas Ki Kusumo di Jakarta.

Produser Film 13 Cara Memanggil Setan juga mengkritisi bahwa definisi santet dan hal klenik lainnnya harus dijelaskan secara gamblang. Jika definisi santet dan klenik tidak dijelaskan secara gamblang maka rentan disalahgunakan.

“Bisa jadi orang baik yang tidak tahu apa-apa kena tuduhan opini tersebut (santet), lantas dijeral Pasal Santet. Bagaimana pertanggungjawaban kita sama Tuhan? Karena itu bisa fitnah loh. Lihat pasalnya, barangsiapa yang memiliki kekuatan gaib, koma dan seterusnya. Itu artinya semua akan dibantai, pak kiai yang memiliki kekuatan begono begini juga bisa kena," sambung Ki Kusumo.

Baca Juga:

Pamer Mobil Baru, Pelat Mobil Vanessa Angel Bikin Salah Fokus

Telanjang Dada Pamer Otot, Netizen Sebut Iko Uwais Sadis 

Ki Kusumo

Ki Kusumo berharap anggota DPR bisa berdiskusi dengannya dan ahli spiritual lain mengenai pasal santet tersebut. Dengan demikian, tak ada korban salah sasaran ke depannya dari pasal tersebut.

"Saat ini nggak ada Pasal Santet saja aparat terkadang salah tangkap orang, apalagi kalau pasal ini disahkan, akan ada berapa banyak orang lagi yang akan ditangkap tanpa punya kesalahan yang jelas,” tutup Ki Kusumo. (aln)

1
2
BERITA FOTO
+ 11

Intip Cantiknya Istri Baim Wong, Paula Verhoeven

Potret Paula dengan busana modisnya. (Foto: Instagram @paula_verhoeven)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini