nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lukman Sardi Bingung Film Spongebob Squarepants Ditegur KPI

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Senin 23 September 2019 22:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 23 206 2108417 lukman-sardi-bingung-film-spongebob-squarepants-ditegur-kpi-5jgv59W5XQ.jpg Lukman Sardi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Belum lama ini Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menegur beberapa program televisi, termasuk salah satunya adalah film Spongebob Squarepants. Teguran KPI ini menuai banyak pro dan kontra di masyarakat.

Baca Juga: BCL dan Suami Pamer Foto Ciuman, Warganet Salfok pada Aming

Lukman Sardi, pelaku di industri hiburan baik film dan televisi, mengaku bingung mengapa film kartun seperti Spongebob Squarepants mendapatkan teguran. Padahal Spongebob sudah mewarnai dunia layar kaca Indonesia sejak lama.

Lukman Sardi

"Itu juga saya bingung, itu ada dari dulu Spongebob. Spongebob bukan baru muncul sekarang ya kan," kata Lukman saat ditemui di Jakarta Selatan, Senin (23/9/2019).

Spongebob Squarepants

Lukman Sardi menyarankan agar KPI lebih jelas dalam memberikan sebuah teguran. Jika pun harus ada teguran, misalnya terhadap film kartun seperti Spongebob Squarepants, maka KPI juga bertanggung jawab untuk memberikan edukasi lebih kepada para orangtua anak-anak Indonesia.

Karena pada dasarnya orangtua sangat bertanggung jawab atas tontonan yang bisa dinikmati oleh anaknya.

"Itu KPI yang harus dilakukan jangan cuma membuat larangan tapi dia tidak melakukan pendidikan terhadap orangtua. Kan yang langsung berhubungan dengan anak-anak itu orangtua," tegasnya.

Baca Juga: Stephen Hillenburg Meninggal Dunia, Netizen Gelar "Tahlilan" di Bikini Bottom

Lukman Sardi sendiri lebih menerapkan sensor mandiri terhadap anak-anaknya. Ia biasanya menjelaskan kepada anak-anaknya apa saja tontonan yang boleh dan sebaiknya tidak disaksikan oleh mereka. Cara ini dianggap lebih efektif dalam mendidik anak-anaknya agar tidak menonton konten yang tidak diinginkan.

1
2
BERITA FOTO
+ 7

Dari SpongeBob Squarepants hingga Dinosaurus Meriahkan Parade Hari Thanksgiving di New York

Balon berbentuk SpongeBob Squarepants memeriahkan Parade Hari Thanksgiving di New York, Amerika Serikat, Kamis (23/11/2017) waktu setempat. (REUTERS/Carlo Allegri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini