nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kiki Farel Ungkap Proses Panjang Penyembuhan Kanker sang Ibu

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Selasa 03 September 2019 09:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 02 33 2099761 kiki-farel-ungkap-proses-panjang-penyembuhan-kanker-sang-ibu-CHDHGPg0Pf.jpg Kiki Farel (Foto: Instagram @kikifarel_)

JAKARTA - Ibunda dari aktor Kiki Farel, Dahlia, saat ini tengah terbaring di salah satu rumah sakit di Jakarta Selatan. Ia diketahui harus menjalani proses kemoterapi kesekian kalinya, lantaran mengidap penyakit kanker usus.

Sebelumnya, ibunda Kiki Farel sempat melakukan operasi kanker usus di awal 2017. Namun kanker tersebut kembali muncul di Juli 2019, meski ia telah menjalani kemo sebanyak enam kali sejak Februari 2019.

Baca juga: Budget Hobi Foto Kiki Farel Terbatas

"2017 mama menjalankan operasi cancer usus dan alhamdulillah kita semua lewati masa-masa itu. 2018 melakukan kemoterapi sebanyak 6 kali setiap 3 minggu mulai dari Februari-april 2019. Sejak bulan ini mama merasakan sakitnya kembali. Kami semua pikir cuma sakit biasa. Juli 2019 ternyata sakitnya itu adalah cancernya (usus) muncul kembali dan akhir Juli sudah dioperasi. Mama dirawat kurang lebih dua minggu," tulis Kiki Farel pada keterangan foto.

Ibunda Kiki Farel sakit  

Usai menjalani operasi pada Juli 2019, ibunda Kiki masih harus menjalani kemoterapi lantaran hemoglobinnya dikabarkan cukup rendah. Berkat donor darah golongan AB dari seseorang, Dahlia pun akhirnya bisa kembali menjalani kemoterapi tepat hari ini.

Baca juga: Billy Syahputra Ungkap Bagian Tubuh Elvia Cerolline yang Paling Seksi

Ibunda Kiki Farel sakit

"Agustus 2019, saat ini mama sedang persiapan kemo krn HB rendah dan dr RS harus sediakan gol darah AB (mungkin stock lg sedikit / darah yg mama pakai harus di ganti utk kelancaran RS) dan alhamdulillah jumat malam 30 ags dpt pendonor untk besoknya sabtu pagi 31 ags.. tp trnyata pas pagi salah 1 pendonor tdk memenuhi syarat dan akhirnya siang dpt. Saat ini 31 ags malam mama sedang di transfusin darah," jelasnya.

 

Melalui akun Instagramnya, Kiki Farel mengungkap ibunya harus menerima tiga buah jenis obat dan tidak diizinkan untuk kembali ke rumah. Meski begitu, ia mengaku selalu mendoakan kesembuhan wanita yang telah melahirkannya tersebut.

"September 2, 2019. kemo pertama. jadi mama di masukan tiga obat.... hari ini kemo diruang khusus kemo. dan malam nanti berlanjut di ruang rawat kemonya.. kemo kali ini memang berbeda, dua tahun lalu kemo hanya bbrp jam lalu pulang dan minum obat setiap hari sebelum kemo berikutnya.. tp kali ini perlu di rawat inap dan tdk minum obat lagi selama menunggu kemo selanjutnya..," paparnya.

"Semoga mama kondisinya kuat jadi tdk terlalu drop pasca kemoterapi.. sebenarnya sih ga tega krn obat kemo itu kan ada efek sampingnya juga. tp gmn. ini adalah jalannya utk menuju kesembuhan," pungkasnya.

 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini