Share

Dewi Yull Bersyukur sang Eyang Dikenal Berkat Pramoedya Ananta Toer

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Minggu 18 Agustus 2019 09:12 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 16 33 2092862 dewi-yull-bersyukur-sang-eyang-dikenal-berkat-pramoedya-ananta-toer-9xhRHOEe2G.jpg Dewi Yull (Foto: Instagram @dewiyullofficial)

JAKARTA - Raden Ayu Dewi Pujiati atau Dewi Yull, merupakan satu dari sekian banyak artis yang merupakan keturunan dari salah satu pahlawan di Indonesia. Lahir pada 10 Mei 1961, pelantun 'Kau Bukan Dirimu' ini diketahui merupakan generasi ketiga dari bapak pers nasional, RM Tirto Adhi Soerjo.

RM Tirto Adhi Soerjo sendiri diketahui merupakan pendiri surat kabar nasional pertama berbahasa Indonesia, yang bernama Medan Prijaji. Sosok jurnalis kritis yang berjuang lewat tulisannya, membuat Tirto ditangkap dan dibuang ke Pulau Bacan, Maluku Utara.

Baca juga: Bangga ! Putra Dewi Yull Diterima di Rochester Institute of Technology

Dewi Yull

 

Tak banyak yang mengetahui sosok Titro Adhi Soerjo. Pasalnya, pemerintah kala itu sengaja mengancurkan kiprahnya, lantaran dianggap sebagai orang paling berbahaya di Hindia Belanda.

Baca juga: Bikin Haru, Istri Bagikan Foto Pernikahan dengan Almarhum Agung Hercules

Nama RM Tirto Adhi Soerjo sendiri mulai dikenal masyarakat Indonesia usai Tertalogi Buru karangan Pramoedya Ananta Toer beredar. Sosok Minke yang digambarkan Pramoedya sebagai pemuda kritis yang berani memperjuangkan kebenaran, bahkan terinspirasi dari sosok RM Tirto Adhi Soerjo.

Film Bumi Manusia

 

"Kami sebagai keluarga berterima kasih kepada pak Pram. Kalau beliau tidak menuliskannya, mungkin sosok Eyang Tirto akan benar-benar terlupakan," ujar Dewi Yull, pada 2016, yang dikutip dari beberapa sumber.

Kini, sosok RM Tirto Adhi Soerjo diketahui semakin dikenal luas oleh masyarakat, khususnya para milenial. Hal tersebut terjadi lantaran film Bumi Manusia, arahan sutradara Hanung Bramantyo, memilih sosok Iqbaal Ramadhan sebagai pemeran RM Tirto Adhi Soerjo atau yang dikenal dengan Minke.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini