nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Toy Story 4 Jadi Film ke-5 Disney yang Tembus Pendapatan USD1 Miliar

Rena Pangesti, Jurnalis · Jum'at 16 Agustus 2019 13:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 16 206 2092728 toy-story-4-jadi-film-ke-5-disney-yang-tembus-pendapatan-usd1-miliar-c1CNNBc6ma.jpg Film Toy Story 4 menambah daftar film Disney yang berhasil menembus pendapatan USD1 miliar. (Foto: Pixar Animation/Disney)

LOS ANGELES – Pada 15 Agustus 2019, Toy Story 4 membukukan pendapatan global sebesar USD1,001 miliar atau setara Rp14,22 triliun. Dengan hasil itu, film arahan Josh Cooley itu menjadi film kelima Disney yang pendapatannya melewati USD1 miliar sepanjang tahun 2019.

Film Toy story 4 memulai debutnya di Amerika Utara pada 21 Juni 2019 dan meraih USD120 juta hanya dari pekan perdana penayangannya. Setelah 2 minggu, pendapatan film itu mencapai USD421 juta, sementara di pasar internasional sekitar USD579,9 juta.

Toy Story 4 menjadi film kelima Disney yang sukses menembus pendapatan USD1 miliar. (Foto: Pixar Animation)

Selain Toy Story 4, Disney masih memiliki empat film lainnya yang sukses menembus pendapatan USD1 miliar sepanjang tahun ini. Bahkan, satu di antaranya tercatat sebagai 'film terlaris sepanjang masa'. 

Baca juga: Demi Toy Story 4, Pixar Gandeng 100 Animator 

AVENGERS: ENDGAME

Avengers: Endgame tak hanya mampu menembus pendapatan USD1 miliar namun juga tercatat sebagai film terlaris sepanjang masa. (Foto: Marvel Studios)

Film Avengers: Endgame merupakan film tersukses Disney sejauh ini. Tak hanya menembus daftar ‘film berpenghasilan USD1 miliar’, proyek Marvel Studios ini juga menjadi ‘film terlaris sepanjang masa’.

Avengers: Endgame mengumpulkan pendapatan sebesar USD2,79 miliar sepanjang penayangannya. Amerika Utara menjadi pasar terbesar yang menyerap film tersebut dengan penghasilan mencapai USD858 juta.

Disney juga harus berterima kasih kepada China yang menyumbang pendapatan hingga USD614 juta untuk Endgame. Untuk pasar internasional, Inggris dan Korea Selatan menjadi market utama dengan penghasilan masing-masing sebesar USD114 juta dan USD105 juta.

THE LION KING

China menjadi penyumbang pendapatan terbesar untuk The Lion King. (Foto: Disney)

Film live-action The Lion King menyusul di urutan kedua dengan pendapatan global mencapai USD1,3 miliar. Seperti biasa, China menjadi langganan penyuplai pendapatan terbesar mencapai USD116 juta.

Sementara di pasar internasional, Inggris dan Perancis menjadi penyumbang terbesar untuk The Lion King. Kedua negara itu masing-masing menghasilkan USD73,8 juta dan USD62 juta.

Sebagian besar penonton menyaksikan The Lion King untuk bernostalgia. Pasalnya, animasi film itu pertama kali diputar Disney pada 1994.

CAPTAIN MARVEL

Pada posisi ketiga, ada Captain Marvel yang memulai debutnya di bioskop pada 8 Maret 2019. Film itu, meraup USD1,1 miliar dari total pendapatannya di seluruh dunia. Carol Danvers alias Captain Marvel menarik perhatian publik karena menjadi superhero baru di Marvel Cinematic Universe (MCU).

Captain Marvel digandrungi karena terbilang superhero pendatang baru di MCU. (Foto: Marvel Studios)

China tetap menjadi penyumbang utama pendapatan Captain Marvel dengan total USD154 juta. Sementara di pasar internasional, Inggris dan Korea Selatan masih menjadi market strategis Disney dengan pendapatan masing-masing sebesar USD51 juta dan USD45 juta.

ALADDIN

The Lion King bukan satu-satunya film live-action Disney yang menuai sukses pada tahun ini. Aladdin juga sukses naik ke urutan keempat dengan perolehan USD1,03 miliar.

Amerika Utara menjadi penyumbang terbesar pendapatan film ini dengan total USD353 juta. Sementara di pasar internasional, Jepang dan Korea Selatan menjadi market terbesar bagi Aladdin.

Aladdin menjadi salah satu film live action Disney yang juga sukses menembus pendapatan USD1 miliar. (Foto: Disney)

Pendapatan masing-masing kedua negara itu mencapai USD107 juta dan USD90 juta. Sementara China, hanya menyumbang sekitar USD53 juta dalam pendapatan Aladdin.

Awalnya, Aladdin cukup dipandang sebelah mata karena Guy Ritchie memilih Will Smith menjadi jin lampu. Namun keberadaan Smith justru mampu memberikan warna baru untuk film tersebut.*

Baca juga: Jawaban Bijak Ashanty ketika Dikritik Berpakaian Terlalu Seronok

(SIS)

1
5
BERITA FOTO
+ 5

We Love Disney

Aksi panggung penyanyi finalis Indonesia Idol 2014 Husein dan Nowela pada acara We Love Disney di Studio 8 RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta. Rabu (23/12/2015). Selain Husein dan Nowela, acara We Love Disney juga diramaikan musisi-musisi Tanah Air lainnya, seperti Anggun, Raisa, Virzha, Billy Simpson, 5Romeo, Cakra Khan, Regina Ivanova, Chilla Kiana, Hanin Dhiya, dan The Finest Tree.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini