nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bertemu Hanung, Sri Sultan HB X Ungkap Mimpi Bangun Sekolah Film di Yogyakarta

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Kamis 15 Agustus 2019 05:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 14 206 2091920 bertemu-hanung-sri-sultan-hb-x-ungkap-mimpi-bangun-sekolah-film-di-yogya-6bzdTZP8yN.jpg Hanung Bramantyo dan Sri Sultan Hamengkubuwono X (Foto: Vania/Okezone)

YOGYAKARTA - Kedatangan rombongan pemain serta kru Bumi Manusia untuk menggelar gala premier di Yogyakarta disambut dengan baik oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X pada Selasa, 13 Agustus 2019. Sebelum gala premier, rombongan pemain dan kru Bumi Manusia datang ke Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat untuk bersilaturahmi.

Baca Juga: Sri Sultan Hamengkubuwono X Puas Tonton Film Bumi Manusia

Suasana yang awalnya tegang, mendadak mencair dengan candaan yang terlontar dari Sri Sultan Hamengkubuwono X. Kepada Hanung Bramantyo, sutradara Bumi Manusia, pria 73 tahun itu mengungkapkan keinginannya untuk membangun sekolah film di Yogyakarta.

Pemain Bumi Manusia dan Sri Sultan

"Saya ingin Yogyakarta memiliki lembaga pendidikan sinematografi," pinta Hanung, meniru ucapan Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Sri Sultan Hamengkubuwono X ingin agar masyarakat yang mau belajar film tak perlu jauh-jauh berkuliah ki luar kota Yogyakarta. Ia juga menginginkan agar murid-murid sekolah film juga mendapatkan sertifikasi agar lebih mudah saat melamar pekerjaan.

"Supaya bisa mendidik seniman di bidang film. Kalau belajar film tidak perlu jauh-jauh. Yang penting ada sertifikasi kompetensi. Kalau cuma SMA, sudah tidak laku lagi," jelasnya lagi.

Baca Juga: Terungkap, Salmafina Sudah Pindah Agama Sejak 1 Tahun Lalu

"Jadi enggak mesti S1 dulu. Seperti kameraman pun lulusan SMA bisa, yang penting memiliki kemampuan," tutupnya.

(LID)

BERITA FOTO
+ 5

Iqbaal Ramadhan Raih Penghargaan International Film Festival & Awards di Macau

Acara penghargaan tersebut berlangsung di gedung Macau Cultural Center, Makau, Tiongkok. (Foto: instagram iqbaal.e)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini