nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Demi Kebhinekaan, Maman Suherman Aktif di Dunia Literasi

Alan Pamungkas, Jurnalis · Kamis 01 Agustus 2019 23:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 01 33 2086649 demi-kebhinekaan-maman-suherman-aktif-di-dunia-literasi-IpiNUve2kQ.jpg Maman Suherman (Foto: Instagram)

JAKARTA – Maman Suherman mendedikasikan dirinya untuk dunia literasi Indonesia. Bagi Maman yang juga merupakan Pembina Persatuan Seniman Komedi Indonesia (Paski), mengabadikan diri dalam dunia literasi bentuk untuk merawat kebhinekaan di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Menjaga kebhinekaan pasca-pemilu 2019 adalah hal yang harus sama-sama dijaga dalam bermasyarakat. Tak ada lagi perpecahan karena perbedaan politik yag bisa meretakan persatuan.

Baca Juga:

Akhirnya, Lucinta Luna Mengakui Nama Aslinya Muhammad Fatah

Deretan Bukti Lucinta Luna adalah Muhammad Fatah

GWRF 2019


“Saya sebagai penggerak literasi, bagaimana menjadi bagian perekat bangsa ini. Saya hidup dan besar dari penulisan. Kebhinekaan adalah berkah dan sumber inspirasi yang tak ada habisnya. Bangsa ini butuh dipererat buka diperetak,” jelas Maman Suherman dalam jumpa pers Gramedia Writers and Readers Forum (GWRF) 2019 di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat.

Menurut Maman, meningkatkan literasi di Indonesia mempunyai dampak yang signifikan bagi kehidupan bermasyarakat. Bahwa Negara dengan tingkat literasi tinggi berimbas kepada kebahagian dan berkurangnya korupsi.

“Indonesia berada pada peringkat 60 dari 61 dari minat baca. Tapi kemudian Indonesia menjadi Negara paling cerewet di Twitter, karena negara kelima dengan jumlah telefon genggam terbanyak. Kita harus meningkatkan literasi karena, lima Negara dengan minat baca yang tinggi, menjadi Negara paling bahagia dan Negara dengan tingkat korupsi yang kecil,” jelas Maman.

Maman Suherman akan berikan coaching dengan tema menghidupkan karya melalui komunitas literasi GWRF yang terselenggara pada 2-4 Agustus 2019 di Perpustakaan Nasional. Selain itu, Maman bersama Sapardi Djoko Darmono dan lainnya akan memberikan Awarding Short Film Festival.

Baca Juga:

Foto Bareng Siti Badriah dan Suami, Dada Zaskia Gotik Jadi Sorotan   

Muzdalifah dan Fadel Rela Hamburkan Ratusan Juta Rupiah Demi Tambah Mesra


"Indonesia kalau ngomong soal cultural diversity sangat luar biasa. Kita punya puluhan ribu pulau. Badan Bahasa juga mengidentifikasi dan memverifikasi ada 662 bahasa. Bagaimana bisa terekspos kalau bukan penulis yang mengungkapkannya. Keberagaman yang juga menjadi hal penting dalam forum literasi yang berlangsung selama tiga hari tersebut. Literacy in Diversity diberi konteks semacam itu, ayo penulis bikin perspektif tambahan yang penting untuk negara kita," ujar Suwandi S Brata penyelenggara GWRF.

1
2
BERITA FOTO
+ 8

Potret Cantiknya Angel Karamoy dalam Balutan Busana Putih

Angel Karamoy dengan balutan baju putih. (Foto: Instagram @realangelkaramoy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini