nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lampaui Rekor BTS, Rapper Badshah Dituding Memanipulasi Data

Rena Pangesti, Jurnalis · Jum'at 02 Agustus 2019 06:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 01 205 2086535 lampaui-rekor-bts-rapper-badshah-dituding-memanipulasi-data-JyxEmtc9ZK.jpg Badshah. (Foto: Magzter)

SEOUL – Badshah, rapper asal India mencetak sejarah baru dalam karier bermusiknya. Sejak merilis Paagal pada 10 Juli silam, video musik sang rapper telah ditonton lebih dari 75 juta kali hanya dalam waktu 24 jam.

Capaian itu membuat Paagal menjadi ‘video musik yang paling banyak ditonton di YouTube dalam waktu 24 jam’ setelah dirilis. Artinya, Badshah sukses menggeser BTS yang sebelumnya menjadi pemegang rekor tersebut lewat Boy with Luv.

Badshah sukses geser rekor BTS sebagai pemegang rekor video musik yang paling banyak ditonton di YouTube. (Foto: Mensxp)

Baca juga: BTS Umumkan Rehat Sejenak dari Panggung K-Pop 

Sekadar informasi, Boy with Luv meraih 74,6 juta viewers hanya dalam waktu 24 jam ketika dirilis pada 12 April 2019. Namun rekor Badshah itu menuai tanda tanya publik dan dugaan terjadinya manipulasi data.

Mengutip Bloomberg, capaian itu diraih Badshah karena bekerjasama dengan Google dan YouTube dengan menjadikan Paagal sebagai iklan. Maka ketika viewer menonton video musik itu selama beberapa detik, maka YouTube akan menghitungnya.

Dengan begitu, maka perhitungan tersebut akan memengaruhi jumlah viewer video musik milik sang rapper. Kecurigaan bertambah ketika YouTube tidak memberikan selamat atas rekor yang dicapai Badshah tersebut.

Pasalnya, ketika Taylor Swift, BLACKPINK, dan BTS meraih rekor serupa sebelumnya, mereka mendapatkan ucapan selamat dari YouTube. Terkait kisruh tersebut, Badshah kemudian angkat bicara.

Badshah bahkan sukses menggeser BTS yang menjadi pemilik rekor video musik yang paling banyak ditonton dalam 24 jam.

Baca juga: Tanggapan Sarita Abdul Mukti soal Rumah Rp42 Miliar Jennifer Dunn

Dalam keterangannya, sang rapper menegaskan, sudah bekerja keras untuk mempromosikan video musik tersebut. “Aku tidak ingin publik internasional melihat India seperti yang ditampilkan dalam film Slumdog Millionaire. Kami setara dengan negara lain dan inilah saatnya bersinar,” ujar Badshah seperti dikutip dari Bloomberg, Jumat (2/8/2019).

Tudingan manipulasi data tersebut juga menarik perhatian netizen. “Aku tidak percaya dia bisa mengalahkan BTS. Rekor itu diraihnya pasti dengan cara menghambur-hamburkan uang,” tulis pengguna YouTube.

 

Sementara lainnya menuliskan, “BTS mendapatkan 74 juta viewer adalah fakta. Itu belum dihitung dengan beberapa penonton yang dihapus oleh YouTube. Ini menjadi bukti kalau Badshah tidak bisa mengalahkan BTS.”

Namun ada pula netizen yang memberikan pembelaan. “Ayolah terima saja kenyataan bahwa ini hasil sebenarnya,” ujar seorang netter yang ditimpali lainnya dengan, “Aku tahu ini sulit diterima, tapi lagu ini juga enak didengar.

Baca juga: Postingan Ivan Gunawan Pastikan Kehamilan Syahrini?

Sebelum dikenal sebagai rapper, Badshah memulai karier musiknya dengan bergabung dalam band Mafia Mundeer, pada 2006. Dia hengkang dari band itu pada 2012 dan bersolo karier dengan merilis Kar Gayi Chull.

 Di negaranya, Badshah dikenal sebagai satu dari 100 selebriti terkaya di India versi Forbes pada 2018. (Foto: Indulge Express)

Sejak itu, dia tercatat telah merilis 25 single dan menggarap 32 lagu soundtrack. Sepanjang kariernya, rapper bernama asli Aditya Prateek Singh Sisodia itu juga masuk dalam daftar 100 selebriti terkaya di India versi Forbes pada 2018.*

1
3
BERITA FOTO
+ 6

WOW! BTS Jadi Boygroup Korea Selatan Pertama yang Tampil di American Music Awards

Boygroup Beyond The Scene (BTS) hadir pada acara American Music Awards 2017 di Los Angeles, California, Amerika Serikat, Minggu (19/11/2017) waktu setempat. (REUTERS/Mario Anzuoni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini