nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pro Kontra Gaya Tidur Andien dengan Mulut Plesteran

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Jum'at 12 Juli 2019 22:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 12 33 2078255 pro-kontra-terhadap-gaya-tidur-buteyko-ala-andien-HOlmgJh6Io.jpg Andien (Foto: Instagram/@andienaisyah)

JAKARTA - Andien kembali mengejutkan dunia dengan sebuah gaya hidup baru yang diunggahnya di Instagram. Kali ini ibu satu anak tersebut menutup mulutnya dengan plester saat tidur. Cara tidur ini biasa disebut terapi Buteyko.

Baca Juga: Cerita Andien Aisyah saat Temui Langsung Korban Gempa di Lombok

Andien mengungkapkan bahwa dirinya, suami, dan Kawa, sudah melakukan terapi Buteyko untuk tiga bulan terakhir. Memplester mulut merupakan cara terbaik untuk melatih pernafasan lewat hidung ketika sedang terlelap.

Buteyko, kata Andien, membantunya agar bisa tidur lebih nyenyak, menghentikan kekeringan tenggorokan, dan menghilangkan bau mulut. Namun pertanyaannya sekarang adalah apakah Buteyko ini aman?

Andien No Breathing

Teknik Buteyko pertama kali ditemukan pada tahun 1950an oleh seorang dokter Rusia bernama Konstantin Pavlovich Buteyko. Ia percaya bahwa kondisi pernafasan, terutama asma, sangat dipengaruhi oleh bagaimana cara orang-orang bernafas. Buteyko sangat percaya jika seseorang melatih pernafasannya dengan baik lewat hidung, permasalahan yang ada di tenggorokan akan menghilang.

Namun terapi Buteyko ini juga mendapatkan kritik keras dari para dokter. Buteyko tidak bisa diterapkan begitu saja, apalagi terhadap toddler seperti Kawa.

Patrick McKeown, founder dari International Buteyko Clinic, juga tidak merekomendasikan Andien untuk memplester mulut Kawa.

Baca Juga: Belum Genap Sehari di Penjara, Galih Ginanjar Sudah Tak Nafsu Makan

"Untuk anak-anak kecil, usia paling kecil yang biasa kami plester mulutnya itu mungkin di usia lima tahun. Tapi itu juga tidak langsung menempelkan plester di bibirnya," kata McKeown.

(LID)

(edh)

BERITA FOTO
+ 5

Aksi Panggung Andien di BNI Java Jazz Festival 2019

Penyanyi Andien membawakan beberapa lagu hitsnya dalam BNI Java Jazz Festival 2019 di JIexpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu 2 Maret 2019.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini