nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Flashmob Tari Kera di Yogyakarta, Nungki Kusumastuti: Keren Banget

Rena Pangesti, Jurnalis · Rabu 19 Juni 2019 13:51 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 19 33 2068264 viral-flashmob-tarian-daerah-di-yogyakarta-nungki-kusumastuti-keren-banget-xMUDizo5xP.jpg Nungki Kusumastuti (Foto: Instagram/@nungkikusumastuti)

JAKARTA – Selasa, 18 Juni 2019, viral video beberapa anak muda Yogyakarta yang kompak menarikan tarian tradisional di salah satu sudut jalan Kota Pelajar tersebut. Hal ini membuktikan bahwa kebudayaan khas daerah masih diminati oleh generasi muda.

Baca Juga: Enggan Komentari Perceraian, Tata Janeeta Minta Privasinya Dihargai

Nungki Kusumastuti, aktris sekaligus penari Indonesia memandang jika flashmob yang viral di media sosial tersebut menjadi jalan pembuka untuk mengajak anak-anak lainnya melakukan hal serupa. Mengingat, jika bukan generasi muda yang melestarikan tarian tradisional, lantas siapa yang akan melakukannya.

“Aku sudah lihat dan itu keren banget, apalagi melihat mereka, anak-anak muda itu bersemangat sekali untuk menarikannya dan menyebarkan kebahagiaan pada orang-orang yang melihatnya,” kata Nungki saat dihubungi Okezone, Rabu (19/6/2019).

Tarian tradisional

Lebih lanjut, Nungki Kusumastuti yang kini bekerja sebagai dosen di Institut Kesenian Jakarta (IKJ) menjelaskan bahwa aspek utama dalam tarian yang dihadirkan adalah untuk mengajak gembira bersama. Baru setelah itu bisa timbul rasa cinta terhadap warisan budaya.

“Tarian apapun dari daerah manapun, pasti bermakna baik. Tapi nilai utama dari flashmob itu pertama untuk memperkenalkan bahwa Indonesia punya tarian seperti ini, kemudian penonton diajak menari," terang Nungki.

“Orang-orang yang ikut bergerak mengikuti irama, enggak apa-apa walaupun tidak bisa menari secara teknik, asalkan senang dulu. Setelah senang, mudah-mudahan timbul rasa ingin tahu untuk mempelajarinya,” imbuh Nungki.

Nungki Kusumastuti

Mengenai makna yang terkandung dalam tarian yang videonya diunggah di akun Facebook milik Rini Widiastuti itu, Nungki Kusumastuti menjelaskan bahwa garis besar tarian tersebut terinspirasi dari seekor kera.

Baca Juga: Makin Seksi, Mantan Pacar Atta Halilintar Tampil Berbikini

“Kita semua tahu bahwa kera itu selalu aktif bergerak dan bersemangat dan hidup berdampingan. Jadi bisa dibilang tarian itu bisa jadi sarana diplomasi untuk manusia satu dan lainnya, berbahagia bersama dan menghilangkan perbedaan,” pungkas Nungki Kusumastuti.

(LID)

BERITA FOTO
+ 2

Pelestarian Kesenian Tari Tradisional Bali oleh Generasi Muda

Sejumlah anak menampilkan tarian tradisional Bali di Desa Munggu, Badung, Bali, Kamis (24/8/2017) malam. Pementasan yang menampilkan berbagai jenis tarian tradisional Bali tersebut merupakan upaya pelestarian kesenian tari tradisional Bali oleh generasi muda sekaligus mengenalkannya kepada wisatawan mancanegara.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini