nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pelajari Semua Agama, Reza Oktovian Ungkap Keyakinannya Saat Ini

Hana Futari, Jurnalis · Senin 17 Juni 2019 16:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 17 33 2067394 pelajari-semua-agama-reza-oktovian-ungkap-keyakinannya-saat-ini-0mGg2oolXa.jpg Reza Oktovian. (Foto: Instagram)

JAKARTA - YouTuber Reza Oktovian atau yang akrab disapa Reza Arap terbilang jarang membicarakan agama yang diyakininya di hadapan publik. Namun kepada YouTuber Hendric Shinigami, pria 28 tahun itu akhirnya membeberkan agama yang dianutnya saat ini.

Dalam sebuah video berdurasi sekitar 24 menit, Reza terlihat tengah menato jari-jarinya. Rupanya, tato tersebut menggambarkan simbol dari lima agama yang ada di Indonesia.

YouTuber Reza Oktovian mengungkapkan alasannya menato jari-jarinya dengan simbol agama. (Foto: Instagram)

Baca juga: Dijuluki Janda Gatal, Irma Darmawangsa Geram pada Elly Sugigi

Reza Oktovian mengaku, mempelajari semua agama yang ada di Indonesia. “Simbol pertama, Hindu. Kenapa gue taruh di sini (jari kelingking)? Itu karena, gue baru mempelajari Hindu,” katanya menjelaskan.

Dia menegaskan, tak bermaksud mengecilkan agama Hindu dengan mengukir simbolnya di jari kelingking. “Gue tahu, Hindu adalah agama besar. Gue letakkan di kelingking, karena hanya tinggal jari ini yang belum ditato. Mau bagaimana lagi?” ungkapnya.

Sementara itu, Reza Oktovian menempatkan simbol agama Buddha di jari manis. Hal itu, karena saat ini dia adalah penganut Buddha. “Ya, sekarang gue Buddhist.”

Untuk menyeimbangkan semua agama, Reza Oktovian menempatkan tato berlambang yin dan yang di jari tengahnya. Penempatan tersebut, menurut dia, mengacu pada filosofinya. “Yin dan Yang adalah keseimbangan. Baik dan buruk. Jadi, dia penyeimbang untuk semuanya,” ujar Reza Oktovian menjelaskan.

Lantaran memiliki simbol yang hampir sama, agama Katolik dan Protestan ditempatkan Reza pada jari yang sama. Jari telunjuk dipilih Reza untuk menempatkan lambang agama pertama yang dia pelajari di luar rumah.

“Dari kecil, gue mendapatkan pendidikan di sekolah Kristen. Jadi, Kristen adalah agama pertama yang gue pelajari di luar rumah. Islam ada di jari jempol, karena agama ini yang gue pelajari di rumah. Karena nyokap gue adalah seorang muslim,” katanya.

Mempelajari semua agama, Reza Oktovian mengaku sebagai penganut agama Buddha. (Foto: Instagram)

Baca juga: Reza 'Arap' Oktovian Dikontrak Anak Usaha YG Entertainment

Dengan mempelajari semua agama, Reza Oktovian memiliki pandangan yang luas. Dia pun meyakini bahwa setiap agama menyampaikan ajaran yang baik.

“Tidak ada satu agamapun mengajarkan hal buruk. Dari dulu gue respect dengan semua agama, tanpa terkecuali. Pada dasarnya, ajaran setiap agama itu kan cinta kasih.”*

(SIS)

BERITA FOTO
+ 5

Film Toko Barang Mantan, Reza Rahadian Jadi Orang Introvert

Aktor Reza Rahadian saat ditemui dalam konferensi pers Film Toko Barang Mantan di MNC Financial Center, Jakarta.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini