nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kejaksaan Tunda Eksekusi Putusan MA atas Ridho Rhoma

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Senin 15 April 2019 15:46 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 15 33 2043759 kejaksaan-tunda-eksekusi-putusan-ma-atas-ridho-rhoma-muLkLrpK4D.jpg Ridho Rhoma. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kejaksaan Negeri Jakarta Barat memutuskan menunda eksekusi putusan Mahkamah Agung (MA) terkait kasus narkoba Ridho Rhoma. Langkah tersebut diambil guna menunggu pihak Ridho menerima salinan putusan seperti yang diminta sebelumnya.

“Pada Jumat (12/4/2019), kami sudah melayangkan surat ke Pengadilan Negeri Jakarta Barat untuk meminta salinan putusan. Setelahnya kami akan melakukan jadwal ulang," ujar Wuriadi, Kasipidum Kejaksaan Negeri Jakarta Barat, pada Senin (15/4/2019).

Baca juga: Lisa BLACKPINK Jadi Artis K-Pop dengan Follower Terbanyak di Instagram

Seperti diketahui, Ridho Rhoma seharusnya memenuhi panggilan Kejaksaan Negeri Jakarta Barat terkait eksekusi putusan MA tersebut, pada Senin (15/4/2019). Namun karena pihak Ridho merasa belum menerima salinan putusan, tim kuasa hukum sang pedangdut mengajukan opsi untuk penundaan.

"Tadi saya sudah bertemu Kasi Pidum dan memberikan surat. Di dalam surat itu, kami memastikan Ridho akan memenuhi panggilan kejaksaan jika sudah menerima petikan atau salinan putusan asli dari putusan Kasasi MA," terang Achmad Cholidin, kuasa hukum Ridho Rhoma.

Terkait penundaan eksekusi, Kejaksaan Negeri Jakarta Barat sebenarnya tidak perlu menunggu salinan putusan diterima oleh pihak Ridho Rhoma. Namun karena mengikuti ketentuan undang-undang, langkah penundaan akhirnya ditentukan kejaksaan.

"Sebenarnya dari Mahkamah Agung sendiri berpendapat dengan adanya petikan putusan kami sudah bisa melakukan eksekusi. Namun karena di KUHAP berbunyi ada salinan putusan untuk eksekusi, ya kami mintakan," jelas Wuriadi.

Melakukan Penyalahgunaan Narkoba, JPU Tolak Pembelaan Ridho Rhoma

Baca juga: Kembali Dibui, Ini Wejangan si Raja Dangdut untuk Ridho Rhoma

Namun mengenai jadwal penundaan eksekusi putusan MA untuk Ridho Rhoma, pihak Kejaksaan Negeri Jakarta Barat belum bisa memastikan hari dan tanggalnya.

"Yang pasti segera. Nanti kami komunikasi kembali dengan pengadilan. Tapi kami sudah bersurat resmi pada 12 April kemarin ya. Tinggal menunggu saja." (SIS)

(kem)

BERITA FOTO
+ 6

Momen Rhoma Irama Peluk Ridho Rhoma di Sidang Putusan Kasus Narkotika

Raja dangdut yang juga ayah Ridho Rhoma, Rhoma Irama menyaksikan sidang putusan kasus narkotika di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Selasa (19/9/2017). Rhoma Irama datang untuk memberikan support kepada putranya yang dihukum 10 bulan penjara dan masa rehabilitasi selama 6 bulan.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini