Pengacara Steve Emmanuel Sebut Kokain 92 Gram Bukan Milik Kliennya

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Kamis 21 Maret 2019 18:14 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 21 33 2033216 pengacara-steve-emmanuel-sebut-kokain-92-gram-bukan-milik-kliennya-outkYJg6IK.jpg Foto: Ady/Okezone

JAKARTA - Pihak Steve Emmanuel memilih mengajukan nota keberatan atau eksepsi atas dakwaan Jaksa Penuntut Umum yang dibacakan dalam sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Kamis (21/3/2019). Menurut Jaswin Damanik selaku kuasa hukum Steve, ada ketidakcermatan penyidik dan JPU dalam hal barang bukti yang diamankan dari kliennya.

"Tidak cermatnya dalam hal tentang barang buktinya. Itu bukan dia yang punya," ujar Jaswin pasca sidang.

Dalam lanjutan keterangannya Jaswin Damanik menerangkan, Steve Emmanuel hanya memakai sebagian kecil kokain dari total barang bukti yang diamankan. Selebihnya, Jaswin menegaskan kokain yang dijadikan barang bukti bukan milik Steve.

"Dia hanya sedikit, 0.1 gram," tuturnya.

Baca juga: Demi Kokain, Steve Emmanuel Rela Gelontorkan Uang Ratusan Juta Rupiah

Rilis Kasus Narkoba, Steve Emmanuel Tutup Mulut dengan Masker

Terakhir, Jaswin Damanik berharap agar Majelis Hakim bisa menerima eksepsi mereka dan memberikan hukuman rehabilitasi bagi Steve Emmanuel.

"Dia intinya pemakai lah. Dituduhkan sebagai pengedar itu tidak benar. Mungkin penyidik, di persidangan JPU salah menerapkan hukum. Itu harusnya Pasal 127, pemakai bukan pengedar. 114 dan 112 itu adalah harus dikesampingkan," tandas dia.

Baca juga: Disebut Dekat dengan Pak Haji, Syahrini Resmi Polisikan Lia Ladysta

Rilis Kasus Narkoba, Steve Emmanuel Tutup Mulut dengan Masker

Steve Emmanuel didakwa melanggar Pasal 114 ayat (2) dan 112 ayat (2) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Sama seperti saat polisi menggelar rilis, Steve dijerat dengan pasal pengedar narkoba.

Steve Emmanuel terseret kasus narkoba usai ditangkap pada 21 Desember 2018 di kawasan Pela Mampang, Jakarta. Dari hasil penangkapan Steve, polisi turut mengamankan barang bukti berupa 92,04 gram plastik klip besar yang berisi narkotika jenis kokain, satu botol kaca penyimpan kokain, serta satu alat hisap kokain.

(sus)

BERITA FOTO
+ 6

Rilis Kasus Narkoba, Steve Emmanuel Tutup Mulut dengan Masker

Tersangka kasus narkoba Steve Emmanuel mengenakan masker saat dihadirkan dalam gelar perkara di Polres Metro Jakarta Barat, Kamis 27 Desember 2018.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini