nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cerita Iga Massardi 'Barasuara' Ciptakan Lagu dalam Waktu Singkat

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Kamis 07 Maret 2019 06:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 07 205 2026854 cerita-iga-massardi-barasuara-ciptakan-lagu-dalam-waktu-singkat-4ijLVhMs9S.jpg Iga Massardi (Foto: Vania/Okezone)

BANDUNG - Vokalis grup band Barasuara, Iga Massardi, mendapat kesempatan untuk menciptakan lagu. Bukan untuk band yang ia bentuk sejak 2015 lalu itu, namun untuk pemenang dari ajang Pucuk Cool Jam Festival 2019 yang akan digelar di Lapangan PPI Pussenif, Bandung, pada 9 Maret 2019 mendatang.

Baca Juga: Saling Follow Lagi dengan Syahrini di Instagram, Hotman Paris: Why?

Uniknya, putra dari dari sastrawan Yudhistira ANM Massardi ini hanya diberi waktu kurang dari 5 hari untuk menciptakan lagu tersebut. Hingga akhirnya ia berhasil merampungkan sebuah lagu berjudul 'Mimpi dan Matahari'.

"Di-brief cuma berapa hari. Akhirnya efektifan dua sampai tiga harian, gue duduk saja di studio sambil nyoba-nyoba beberapa hal. Somehow tiba-tiba jadi. Ada revisi lirik sedikit tapi akhirnya dieksekusi," ungkap Iga Massardi saat ditemui di kawasan Ganesa, Bandung, Rabu, 6 Maret 2019.

Iga Massardi Barasuara

Soal lagu Mimpi dan Matahari, pria 33 tahun ini menyatakan bahwa isi dari liriknya terdapat cukup banyak dorongan bagi generasi muda yang ingin mencapai sesuatu. Bukan dengan cara instan, tetapi mereka memang harus menikmati satu persatu perjalanan suka duka demi mencapai keberhasilan.

"Sebenarnya kalau dari lirik itu yang gue coba tulis adalah encouragement untuk generasi muda," ucapnya.

"Jadi tentang gimana mereka itu harus.. Untuk mencapai sesuatu itu kayak yang tadi dibilang, enggak bisa instan, harus ada yang bisa dilewatin dan harus ada perjalanan-perjalanan susah yang dilaluin dulu. Tapi itu nanti akan jadi reward yang menyenangkan kok untuk diakhir nantinya," papar Iga.

Barasuara

Rencananya, 6 finalis band dari berbagai daerah di Indonesia yang mengikuti ajang ini akan diminta oleh pihak juri untuk mengaransemen lagu baru milik Iga Massardi tersebut. Bahkan menurutnya, banyak ruang dalam lagu garapannya yang bisa diubah sesuai dengan genre tertentu.

"Kalau dari konsep musik gue mencoba untuk membuat ini sesimple dan sesederhana mungkin. Melodinya juga gue bikin sefamiliar mungkin, paling enggak menurut gue ya," ujar Iga.

Baca Juga: Nikita Mirzani Singgung Soal Hubungan Haji Sam dan Wanita Petir, Siapa Mereka?

"Gue kasih banyak banget ruang untuk mereka bisa eksplorasi secara musikal. Dan yang gue harapkan banget adalah sejauh apa mereka bisa strect arransemen dari lagu aslinya. Itu jadi sesuatu yang menarik, karena kalau mereka bikin sama seperti yang gue bikin agak sia-sia ya, tapi kalau bisa jadi rock, etnik, atau apapun itu, itu justru akan membuka kemungkinan-kemungkinan yang relevan," pungkasnya.

(LID)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini