Bukan Kesurupan, Begini Metode Jurnal Risa Berkomunikasi dengan Hantu

Rena Pangesti, Jurnalis · Sabtu 02 Maret 2019 09:10 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 01 33 2024683 bukan-kesurupan-begini-metode-jurnal-risa-berkomunikasi-dengan-hantu-E3FW2XtJLe.jpg Tim Jurnal Risa (Foto: Tim Jurnal Risa)

JAKARTA – Risa Saraswati, penyanyi sekaligus penulis buku Danur yang diangkat ke layar lebar ini memang memiliki kemampuan untuk bisa melihat hantu. Bukan hanya dirinya, tapi juga beberapa sepupu Risa, hingga akhirnya mereka membuat konten di YouTube.

Risa Saraswati bersama sepupunya membuat vlog dimana bertemakan soal cerita horor yang tergabung dalam judul Jurnal Risa. Tim inti Jurnal Risa diisi oleh Risa Saraswati, Ranggana Purwana, Gemma Galuh, Indy Ratna Pratiwi, Riana Rizki, Abimanyu Bhakti Pratama, Rai Sekar dan Nicko Irham.

Baca Juga:

Hot Gosip: Reino Barack Kecup Kening Syahrini hingga Luna Maya Tenangkan Diri

Unggah Foto Pasca-menikah, Syahrini Bikin Netizen Kecewa

Sejak Agustus 2017, Jurnal Risa setidaknya telah merilis 66 video dengan jumlah subscribers melebihi 2 juta pengguna YouTube.

Dalam video Jurnal Risa, menujukkan cara berkomunikasi tim yang terlihat begitu cepat saat menjadi mediatornya. Banyak yang menyebut jika apa yang dilakukan adalah bentuk kesurupan. Namun anggota keluarga yang berasal dari Bandung itu kemudian memberikan klarifikasinya.

“Bukan kesurupan, metode kita adalah dengan cara kita meminjam energi dari mereka. jadi enggak akan ekstrem seperti menggeram atau hal-hal aneh,” kata Angga, sepupu Risa yang merupakan bagian tim Jurnal Risa dalam channel YouTube mereka.

Lebih lanjut, Angga menjelaskan jika ada beberapa kondisi seseorang yang memang tidak sengaja bisa melihat, ketempelan hingga berkomunikasi langsung. Seperti apa yang dilakukan oleh tim Jurnal Risa.

“Ada orang yang siap menerima untuk bisa komunikasi, biasanya yang seperti itu hantunya enggak akan ganggu. Karena kita dianggap lebih berani dari mereka,” lanjut Angga.

Risa kemudian menjelaskan lebih lanjut jika seorang manusia lebih berani dengan situasi yang menyeramkan, maka hantu-hantu tidak akan berani mengganggu. “Ketika elu punya keberanian, power lu lebih besar dibanding mereka. Jadi energinya mereka akan kalah pasti,” jelas Risa.

“Tapi ketika kondisi badan lu mulai melemah, kemudian ditambah elu merasa takut, mereka mulai menyerap energi orang itu. Ingat, manusia itu kodratnya lebih sempurna dari hantu. Jadi jangan takut,” imbuh Risa.

Untuk itu Jurnal Risa berbagi tips yang bisa dilakukan saat orang-orang yang tidak siap seperti tim Jurnal Risa untuk berkomunikasi dengan hantu. “Point pentingnya adalah berpikir hal-hal yang membuat elu bahagia supaya enggak menjadi takut.”

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini