Share

Kontroversi Lambang Nazi para Selebriti, No 3 Artis Indonesia

Isnawati, Okezone · Senin 04 Februari 2019 05:06 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 03 33 2013260 kontroversi-lambang-nazi-para-selebriti-no-3-artis-indonesia-25vsdpiPqV.jpg Keyakizaka46 (Foto: Asiaone)

JAKARTA - Kaos berlambangkan Nazi yang dikenakan anggota grup Thailand BNK48, Pichayapa Namsai tampaknya menuai kecamanan. Pasalnya ia terlihat mengenakan kaos tersebut saat sesi latihan untuk konser grupnya.

Kabar ini pun langsung mendapat respons dari Kedutaan besar Israel di Bangkok yang mengaku kaget dan cemas atas hal tersebut. Apalagi, saat itu negara Israel baru saja merayakan hari Hari Peringatan Holocaust Internasional pada minggu lalu.

Baca Juga: Anak Jadi Pusat Perhatian, Kareena Kapoor Dimarahi Saif Ali Khan

Baca Juga: Intip Deretan Foto Seksi Vicy Melanie, Tunangan Kevin Aprilio

Namsai pun langsung meminta maaf terkait kontroversinya ini pada malam konsernya. "Aku ingin ini menjadi contoh bagi semua orang, tolong maafkan aku," ujarnya sambil menangis seperti dilansir Asiaone, Kamis (31/01/2019).

Nazi sendiri merupakan kelompok partai di Jerman yang membunuh kaum Yahudi. Kasus tentang isu Nazi ini sebenarnya bukan kali ini saja terjadi. Di beberapa negara Asia, kasus serupa dapat ditemukan dan dilakukan oleh publik figur. Melansir Asiaone, berikut tiga selebriti yang menimbulkan kontroversi terkait Nazi yang dirangkum Okezone.

1. BTS

 

Pada tahun 2014 salah satu anggota BTS, RM juga pernah mengenakan topi bertuliskan simbol mirip dengan simbol Death's Head dari SS. SS adalah adalah salah satu kelompok militer di Jerman Nazi.

Kemudian di tahun 2018, BTS kembali terlihat mengenakan seragam dan mengibarkan bendera yang menurut kritikus Korea, hal itu menampilkan simbol-simbol Nazi. Terkait kontroversi ini, pihak agensi pun meminat maaf kepada masyarakat Yahudi.

2. Keyakizaka46

 

Setelah BNK48, pada tahun 2016 Grup satu naungan Keyikizaka46 yang berpusat di Jepang ini juga pernha terlibat dalam kontroversi ini. Grup ini muncul di atas panggung Yokohama mengenakan jubah hitam dan topi yang mirip dengan petugas SS.

Organisasi hak asasi manusia Yahudi internasional, Simon Wiesenthal menuntut permintaan maaf dari pihak Keyakizaka46. Sony Music Entertainment (Jepang), selaku agensi yang menaungi pun menyampaikan permintaaan karena menyebabkan pelanggaran.

3. Ahmad Dhani

 Ahmad Dhani

Dalam video musik yang direkam selama kampanye Pilpres 2014, musisi Ahmad Dhani terlihat mengenakan seragam gaya Nazi dan memegang Garuda emas.

Majalah berita Jerman Der Spiegel juga menyatakan bahwa kostum Dhani mirip dengan seragam yang dikenakan oleh komandan SS Heinrich Himmler. Namun, suami dari Mulan Jameela itu tampak tidak menyesal dan mengkalim bahwa Indonesia tidak ada hubungannya dengan tentara Nazi.

"Kita, orang Indonesia, tidak membunuh jutaan orang Yahudi, kan?” ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini