Hubungan Vanessa Angel & Ayah Renggang, Psikolog: Ada Bonding yang Hilang

Rena Pangesti, Jurnalis · Jum'at 01 Februari 2019 16:54 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 01 33 2012524 hubungan-vanessa-angel-ayah-renggang-psikolog-ada-bonding-yang-hilang-n0tAVEc8Gr.jpg Foto: Instagram

JAKARTA – Hubungan di antara Vanessa Angel dan ayahnya, Doddy Sudrajat memang bisa dibilang renggang. Hal tersebut dikarenakan intensitas pertemuan hingga komunikasi yang terbilang jarang di antara keduanya.

Sedikitnya waktu untuk bisa bertemu dengan Vanessa Angel diakui oleh Doddy Sudrajat saat hadir dalam acara Hotman Paris Show, Kamis (31/1/2019) di iNews. Pria 47 tahun itu mengakui sebelum terjadi kasus prostitusi Vanessa Angel, pertemuan mereka terjadi satu tahun lalu. Tepatnya saat adik tiri Vanessa ulang tahun.

Sejak saat itu, komunikasi di antara Vanessa dan Doddy hanya terjadi melalui pesan singkat, tanpa adanya sebuah pertemuan. Baru pada saat putrinya tersandung kasus prostitusi, Doddy hadir di kantor pengacara Vanessa Angel, pada Sabtu 26 Januari 2019 untuk bertemu dengan putrinya.

“Saya bertemu dengan Vanessa, tapi waktu kami tidak lama, hanya setengah jam,” kata Doddy.

Baca juga: Reino Barack Kembali Umbar Kode Cinta untuk Syahrini

Resmi! Vanessa Angel Ditahan Mulai Hari Ini Terkait Kasus Prostitusi Online

Sayangnya, Doddy tidak menjelaskan lebih dalam mengapa pertemuan tersebut hanya berlangsung kurang dari satu jam. Menurut pengakuannya, dia dan Vanessa sudah setahun tidak saling bertatap muka.

Melihat permasalahan ini, psikologi Elizabeth Santosa yang dihadirkan dalam acara tersebut menyatakan bahwa renggangnya hubungan di antara Vanessa dan Ayahnya lebih dari sekedar komunikasi. Apalagi saat mengetahui jika Doddy telah melepaskan Vanessa Angel pergi di usia 16 tahun, Elizabeth menegaskan jika usia tersebut masih anak-anak.

“Ini bukan hanya soal komunikasi, tapi masalah dasarnya adalah bonding (ikatan) antara orangtua dan anak itu yang hilang,” kata Elizabeth.

Mengenai komunikasi serta ikatan di antara ayah dan anak, Doddy menjelaskan bahwa semenjak ibu Vanessa Angel meninggal ada perubahan sikap dari sang putri. Hingga akhirnya komunikasi mereka tidak lagi seperti dulu.

Baca juga: Ayah Enggan Jadi Jaminan dalam Proses Hukum Vanessa Angel?

“Vanessa memang menjadi lebih pendiam, kalau dulunya dia ceria dan cerita apa yang dirasakan. Setelah itu berbeda,” jelas Doddy.

Mendengar jawaban tersebut, Elizabeth punya tanggapan lain mengenai perubahan psikologis yang disebutkan oleh Doddy.

“Saya tahu jadi single parent enggak mudah, tapi saya banyak punya klien yang hidup dengan anaknya meski tanpa ibu tapi mereka bonding. Kedekatan ayah dan anak itu masih ada,” tegas Elizabeth.

Foto-Foto Ini Bukti Vanessa Angel Pecinta Batik

Doddy kembali menjelaskan, walaupun ia jarang berkomunikasi, namun rasa cinta kepada putrinya tidak pernah berkurang sedikitpun. Apalagi soal ikatan antara ayah dan anak kemudian mengingatkan Doddy ke masa-masa ia dan Vanessa masih tinggal bersama.

“Saya masih sayang sama Vanessa, untuk kasih sayang skala 1-10 ya yang paling terbaik,” kata Doddy.

Menutup pembicaraan, Elizabeth sebagai psikologi kemudian menyarankan kepada Doddy agar lebih merangkul putrinya, Vanessa Angel, bagaimanapun kondisinya saat ini.

“Bapak, harus lebih banyak usaha untuk menyentuh anak. Moment ini bisa jadi tonggak untuk bisa memperbaiki hubungan dengan Vanessa,” pungkasnya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini