Share

Tampilan Seronok Para Female DJ Akibat Standar Moral yang Berbeda?

Annisa Aprilia, Jurnalis · Sabtu 26 Januari 2019 20:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 26 33 2009811 tampilan-seronok-para-female-dj-akibat-standar-moral-yang-berbeda-VZCnxFxydN.jpg Ilustrasi Female DJ. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Fahria Yasmin Baladraf atau yang awam dikenal sebagai DJ Yasmin tak menampik imej negatif yang menyelimuti profesi female disk jockey selama ini. Penampilan seksi para female DJ tersebut acap kali dikaitkan dengan para pria hidung belang.

Bagong Suyanto, Guru Besar Sosiologi Universitas Unar mengungkapkan, standar moral dunia hiburan sangat berbeda dengan kehidupan masyarakat pada umumnya. Sehingga dinilai wajar jika seorang female DJ berpenampilan minim dan terbuka.

Baca juga: Gara-Gara Foto BLACKPINK, Dispatch Tuai Komentar Pedas Netizen

“Mereka menciptakan gaya hidup tersendiri yang berbeda dengan kebanyakan orang. Mereka berpakaian minim, menenggak alkohol, merokok, dan mengonsumsi narkoba. Ya, semua itu memang ‘aksesori’ dunia malam,” kata Bagong saat dihubungi Okezone, pada Sabtu (26/1/2019).

Meski begitu, Bagong tak mengklaim, semua female DJ berlaku serupa. Dia tak menampik, ada beberapa female DJ yang mengenakan pakaian lebih tertutup atau sewajarnya. “Tapi ya itu tadi, ada tuntutan kehidupan malam yang berbeda dengan standar moralitas kehidupan normal yang membuat mereka berbeda,” tuturnya.

Mengomentari stigma tersebut, DJ Yasmin mengungkapkan, seorang female DJ harus mampu mengemas dirinya dengan baik. “Berpakaian semestinya, tak perlu terlalu terbuka yang penting nyaman. Aku setiap manggung juga hanya pakai sneaker, crop top, dan jaket,” ungkapnya.

Tak sekadar bermodalkan tubuh seksi, seorang female DJ harus mampu menghasilkan musik terbaik. Kalau kamu berkarier dengan kesungguhan dan menuai prestasi, orang-orang pasti akan melihatnya. Perlahan, (prestasi) itulah yang akan mengikis pandangan buruk publik terhadap profesi female DJ,” katanya.

Baca juga: Gading Marten Menduda, Raffi Ahmad Unggah Pesan Bijak

Dari profesinya sebagai female DJ, Yasmin mengaku, tak hanya menggelar pertunjukan di Indonesia namun juga sejumlah negara. DJ Yasmin mengaku, pernah tampil di Swiss, Spanyol, hingga Belanda.*

(SIS)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini