nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dituding Menggunakan Footage Bencana, Film Bird Box Netflix Dikritik

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Jum'at 18 Januari 2019 07:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 18 206 2006043 dituding-menggunakan-footage-bencana-film-bird-box-netflix-dikritik-6RrrnRRqkp.jpg Bird Box (Foto: IMDb)

LOS ANGELES - Perusahaan penyedia layanan streaming film Netflix kembali mendapatkan kritikan tajam dari dunia luar. Kali ini, film Bird Box yang menjadi sasaran kritikan lantaran menggunakan footage dari sebuah bencana pada 2013 di Lac-Megantic, Kanada.

Baca juga: Saint Loco Hadirkan Karya Baru yang Lebih 'Nakal'

Peristiwa Lac-Megantic memakan korban setidaknya 40 korban jiwa lebih. Cuplikan adegan ini disertakan dalam Bird Box dalam mengisahkan kekacaauan yang terjadi pada bagian awal film.

sdfsd

"Saya tidak mengerti apakah itu biasa terjadi, tapi kami akan memastikan Netflix agar menariknya. Anda bisa pastikan bahwa kami akan mengikuti terus kasus ini, dan para masyarakat juga mendukung kami," ujar Julie Morin, Walikota Lac-Megantic.

Sebagaimana diketahui, penggunaan footage seperti bencana, tragedi kekerasan, atau lainnya sudah sering kali terjadi dalam pembuatan sebuah film. Bird Box, sebagai sebuah film fiksi, menggunakan footage tersebut demi membawa penonton merasakan kekacauan besar di kota sebelum memasuki fase permasalahan utamanya.

werwer

Selain Bird Box, tayangan berjudul Travelers yang juga tayang di Netflix menggunakan footage yang sama dari Lac-Megantic. Pihak produksi Travelers mengaku siap untuk menarik adegan tersebut dari tayangan mereka.

Baca juga: Ikutan #10yearschallenge, Christian Sugiono dan Titi Kamal Pamer Foto Ciuman

Kontroversi dalam Bird Box tak lepas dari meledaknya jumlah penonton yang menyaksikan film ini. Data dari Netflix mengatakan bahwa setidaknya 45 juta pasang mata telah menyaksikan film yang dibintangi oleh Sandra Bullock. Jumlah ini sekaligus memecahkan rekor sebagai film original Netflix pertama yang mendapat penonton sebanyak itu.

(ady)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini