nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gelar Tujuh Bulanan, Bayi Momo Geisha Diprediksi Perempuan

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 26 Desember 2018 12:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 26 33 1996042 gelar-tujuh-bulanan-bayi-momo-geisha-diprediksi-perempuan-TPdCiR07Qf.jpg Momo Geisha (Foto: Instagram)

MALANG Momo Geisha dan Nicola Reza atau Caca, suaminya, melangsungkan syukuran atas kehamilan Momo yang sudah menginjak tujuh bulan. Di kediaman orangtua Caca, panggilan akrab Reza, di Malang, syukuran tingkepan itu dilaksanakan, Senin (24/12/2018).

Ya, tepat satu hari sebelum perayaan Natal 2018, prosesi tujuh bulanan kandungan Momo diselenggarakan dengan mengusung dua kebudayaan sekaligus. Dengan berbalut adat Jawa yang kental, tradisi Batak pun turut dihadirkan.

 

“Saat ini mengadakan syukuran tujuh bulanan kehamilan saya, semua keluarga kumpul dari Pekanbaru, acaranya pakai dua perpaduan adat, Batak dan Jawa,” papar perempuan pemilik nama Narova Morina Sinaga, seperti yang Okezone kutip dari salah satu tayangan infotainment yang ditayangkan RCTI, Jakarta, Rabu (26/12/2018).

Baca Juga: 3 Selebritis Ini Menikah dengan Konglomerat

Dalam penuturannya Momo menjelaskan tujuan diadakannya prosesi tujuh bulanan dua hari yang lalu itu. Momo berharap saat tingkepan dilakukan agar persalinan yang akan dia jalani lancar, bayi dan ibu sehat, dan Caca dapat menjadi suami yang siaga.

“So far selama ini Puji Tuhan, Tuhan memberikan kekuatan untuk kandungan ini, sampai menjelang tujuh bulan ini kita sangat bersyukur,” imbuh Momo.

Pemilihan hari yang berdekatan dengan Natal menurut Momo karena perhitungan yang baik jatuh pada Senin, 24 Desember 2018. Selain itu, menurut kepercayaannya pemilihan hari penyelenggaraan tujuh bulanan sebaiknya diadakan sebelum kandungan berusia tujuh bulan atau saat enam bulan menuju ke tujuh bulan.

Upacara adat tingkepan kehamilan Momo diisi pula dengan prosesi siraman, pecah kendi, ganti baju tujuh kali, dan cengkir kelapa.

Tapi, di antara semua rangkaian upacara, prosesi cengkir kelapa yang paling menyita perhatian, karena hasil dari prosesi itu Caca tidak sengaja memilih kelapa bergambar Dewi Kamaratih yang konon menandakan bayi Momo kelak berjenis kelamin perempuan.

“Saat Reza memilih di belakangnya memang enggak dikasih tahu. Saat dibawa ke depan kelapa bergambar Dewi Kamaratih, yang nantinya anaknya perempuan, sesuai harapan tante karena kepingin banget anak perempuan,” ungkap Lies ibu Caca, ibu mertua Momo.

 

Setelah adat Jawa dilaksanakan cukup meriah, lanjut adat Batak dilakukan. Momo dan Caca diselimuti kain ulos yang indah.

Meski singkat, tapi upacara tujuh bulanan dalam budaya Batak menurut Momo sangat bermakna, hingga akhirnya syukuran tujuh bulanan ditutup dengan Momo dan Caca berjualan rujak, yang dibeli oleh para tamu menggunakan uang dolar mainan.

(edh)

BERITA FOTO
+ 8

Ditanya Soal Momongan, Nadine Chandrawinata-Dimas Anggara Mengaku Pasrah

Pasangan selebriti Nadine Chandrawinata dan Dimas Anggara mengaku pasrah saat ditanya soal momongan. (Foto: Instagram nadinelist)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini