nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Kasus Kontroversial yang Sempat Menimpa Via Vallen

Rena Pangesti, Jurnalis · Senin 03 Desember 2018 08:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 03 33 1985914 4-kasus-kontroversial-yang-sempat-menimpa-via-vallen-jgj1IzbrWd.jpg Via Vallen. (Foto: Instagram)

JAKARTA - Nama Via Vallen melambung ketika lagu Sayang viral di kalangan pencinta musik dangdut, pada awal tahun 2017. Lagu itu memang berbeda, karena ada genre Pop, hip hop, dan dangdut di dalamnya.

Sayang kemudian menjadi fenomena baru di industri musik dangdut Indonesia. Apalagi, lagu yang disajikan dalam bahasa Jawa tersebut sukses mendapat sambutan hangat berbagai kalangan masyarakat.

Di YouTube, video klip lagu Sayang sudah ditonton lebih dari 172 juta kali. Capaian itu menjadikan Via Vallen sebagai salah satu pedangdut dengan video musik yang paling banyak ditonton sepanjang 2017.

Pamor Via Vallen meroket hingga membawanya meraih penghargaan di berbagai ajang awarding. Kemudian, dia ditunjuk membawakan lagu Meraih Bintang di ajang Asian Games 2018 pada Agustus silam. Namun semua kesuksesan Via tak jauh dari sejumlah kasus kontroversi. Apa saja? Berikut ulasan Okezone untuk Anda.

#1. Tudingan Plagiat Lagu

Lagu Sayang memang menjadi pemicu Via Vallen dikenal di seantero negeri. Namun ketika lagu itu viral, tudingan bahwa dara 27 tahun itu menjiplak lagu Jepang berjudul Mirai e pun berembus kencang.

Sekadar informasi, Mirai e merupakan satu dari total 10 lagu yang terdapat dalam album 'Nagai Aida’ milik grup duo Kiroro. Album itu dirilis pada 1 Oktober 1998 dan menjadi salah satu lagu populer di Jepang.

Menanggapi tudingan tersebut, Via Vallen akhirnya buka suara, pada Oktober 2017. Dia mengaku, sebagai penyanyi tak tahu menahu mengenai hak cipta lagu Sayang. Pasalnya, hal tersebut dipegang sepenuhnya oleh pencipta lagu dan label. “Saya hanya mempopulerkan saja,” katanya kala itu.

Tudingan itu akhirnya terjawab ketika duo NDX AKA (Yonanda Frisna Damara dan Fajar Ari) sang pencipta lagu Sayang mengklarifikasi permasalahan sebenarnya. Pada 3 Januari 2018, Yonanda menegaskan bahwa Sayang merupakan lagu cover dari Mirai e.

NDX AKA kemudian mengubah melodi dan lirik lagu tersebut ke dalam bahasa Jawa. “Jadi ceritanya, itu lagu Jepang yang dialihbahasakan oleh Anton Obama. Lalu kami bawakan dengan tambahan rap di tiga bagian. Ternyata booming,” ujar Yonanda.

Dia menambahkan, lagu itu kemudian dinyanyikan kembali oleh Via Vallen yang ternyata semakin meledak. “Jadi lagu itu diaransemen oleh Anton Obama bersama NDX AKA,” imbuhnya.

Baca juga: Putuskan Cerai, Gisel Sempat Galau Lihat Instagram Donna Agnesia

#2. Pingsan di Atas Panggung = Gimmick?

Pada 10 Agustus 2018, Via Vallen dikabarkan ambruk saat manggung di Demak, Jawa Tengah. Hal itu terjadi saat dirinya hampir menyelesaikan lagunya lalu mengajak penonton berswafoto. Namun tiba-tiba, Via pingsan dan membuat kru dan penonton panik.

Menariknya, ketika video pingsannya viral di dunia maya, Via Vallen malah terlihat asyik menonton pertandingan final AFF U-16 Championship 2018 di Gelora Delta Sidoarjo, Sidoarjo, Jawa Timur, pada keesokan harinya (11/8/2018). Inilah yang membuat netizen menuding video itu sekadar gimmick semata.

Tak terima dengan tudingan tersebut, Via pun menjelaskan bahwa kondisi kesehatannya memang kurang baik akibat diet ketat. “Pingsan karena memang kelelahan. Selain itu, tubuh memang kurang asupan karbohidrat karena sedang diet,” jelasnya kala itu.

#3. Dilecehkan Pesepakbola Asing

Via Vallen pernah merasa dilecehkan oleh pesepakbola Marko Simic. Hal itu berawal dari pesan pribadi yang dikirimkan Marko kepada Via lewat Instagram. Dalam pesan itu, terlihat sang atlet mengungkapkan kata-kata tak senonoh.

Marko Simic meminta Via Vallen menggunakan pakaian seksi di kamarnya. Melihat itu, pelantun lagu Sayang itu langsung meradang. Via pun lantas membalas dengan menegaskan bahwa dirinya bukan perempuan nakal seperti yang ada dalam pikiran Marko.

“Enggak kenal dan tak pernah ketemu tiba-tiba nge DM dan kirim pesan gambar seperti ini. Sebagai seorang penyanyi, aku sudah dipermalukan oleh pemain sepakbola terkenal di negaraku SAAT INI. AKU BUKAN GADIS SEMACAM ITU, BUNG!!!,” tulis Via Vallen di akun Instagram pribadinya.

Insiden itu kemudian berkembang, sampai beberapa artis pun turut memberikan komentar. Mulai dari Nikita Mirzani yang menyebut Via lebay, hingga pembelaan dari Hannah Al Rasyid yang menyebut bahwa pelaku pelecehan seksual memang harus diberikan sanksi sosial.

#4. Perang Komentar dengan Jerinx ‘SID’

Kontroversial teranyar yang melibatkan Via Vallen adalah ketika dia mengcover lagu Sunset di Tanah Anarki milik Superman is Dead. Jerinx personel band tersebut mengungkapkan, cara Via menyanyikan lagunya membuat konsep lagu itu berantakan.

Cara Via Vallen menyanyikan lagu tersebut dalam setiap aksi panggungnya juga dituding Jerinx sebagai upaya Via Vallen memperkaya diri. Padahal, ada hak cipta yang melindungi hak Jerinx sebagai pemilik lagu.

“VV harusnya sudah belajar jadi manusia, jangan bisanya hanya mengambil saja. Selama ini menyanyikan SDTA ribuan kali, lirik lagu kami enggak ada artinya bagi dia? Setelah sukses, apa yang kamu bisa lakukan untuk mengapresiasi karya yang membawamu ke tempat yang lebih baik?” ujar Jerinx di Instagram.

Terkait sentilan keras Jerinx tersebut, Via Vallen akhirnya buka suara. Dia meminta maaf apabila dinilai salah menyanyikan lagu itu. Namun dia tidak bermaksud mendapat keuntungan dari lagu tersebut.*

Baca juga: Bos Playboy Buang Satu Peti Koleksi Video Seksnya ke Laut

(SIS)

1 / 2
BERITA FOTO
+ 7

Potret Via Vallen, Pakai Hijab Terlihat Lebih Cantik

Via Vallen dengan sweater dan topi pink bak barbie. (Foto: Instagram viavallen)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini